Nasional

Wapres Keberatan dengan Pernyataan Zulkifli Hasan

JAKARTA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akhirnya mengakui bahwa dirinya keberatan terhadap pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan soal perannya dalam pencalonan Anies – Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017. Zulkifli menyebutkan ada intervensi Kalla pada pencalonan Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

“Itu Pak Zulkifli yang buka. Padahal, kita punya hak untuk bebas rahasia kan. Lalu kenapa dibuka? Dengan kata intervensi lagi, sehingga saya keberatan. Saya tidak pernah melakukan intervensi seperti yang disebut Zulkifli, karena saya tidak pernah mengintervensi orang,” tegas Jusuf Kalla, pada wartawan di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Menurut Kalla, dampak dari pernyataan Zulkifli itu memunculkan anggapan publik bahwa hubungan dirinya dengan Presiden Jokowi tidak harmonis karena berbeda pilihan pada Pilkada DKI Jakarta.

Sebelumnya, Kalla telah membantah pernyataan Zulkifli Hasan. Namun, ia mengakui berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk memilih Anies. “Saya kan ke luar negeri waktu itu. Tentu berbicaralah apa salahnya. Kita bicara dengan pimpinan partai agar semuanya hasilnya baik, negara aman, maju, dan damai. Coba sekarang? damai kan?” kata JK, pada 4 Mei lalu.

Namun JK tak sepakat jika komunikasi yang dilakukannya disebut sebagai intervensi. Menurutnya, siapapun punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih dalam kontestasi demokrasi seperti pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada).

Sebelumnya Zulkifli Hasan bercerita soal mengapa sosok Anies Baswedan dipilih untuk diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Semula, tak ada partai yang mau mengusung Anies.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top