Ragam

Wagub: Harga Sembako Stabil Jelang Lebaran

Wagub: Harga Sembako Stabil Jelang Lebaran

KABUPATEN BANDUNG — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan harga bahan pokok di Pasar Sehat Soreang, Kabupaten Bandung relatif stabil dan sesuai harga eceran tertinggi (HET).

Hal itu dikatakan Wagub Jabar saat mendampingi Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga dalam melaksanakan kegiatan grebek Pasar Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (15/4/2023).

Dia pun menyebut anggaran Rp10 miliar yang dianggarkan Pemdaprov Jabar untuk operasi pasar murah berhasil menstabilkan harga bahan pokok menjelang Lebaran ini.

”Sepuluh miliar Pemprov gelontorkan untuk stabilkan harga dalam rangka operasi pasar, dijual harga setengah dari harga umum di pasaran dan terbukti beberapa pasar biasa nya menjelang Idul Fitri harga agak naik, sekarang stabil bahkan ada yang turun,” kata Wagub Uu.

Operasi pasar dilakukan di 27 kab/kota, 26 oleh Pemdaprov Jabar, satu yakni di Bandung Barat dilakukan sendiri oleh Pemda Kabupaten. ”Dari 27 kabupaten kota hanya satu yang tidak dilaksanakan oleh pemprov yakni KBB karena melaksanakan sendiri jadi Pemprov Jabar mengadakan di 26 kota kabupaten saja,” katanya.

Saat melaksanakan operasi pasar, Wagub Jabar terkesan dengan kebersihan pasar, tata peletakan konter pedagang yang tersusun rapih dan ditempatkan sesuai dengan jenis bahan pokok yang tersedia.

“Saya terkesan Pasar Sehat Soreang ini bersih, rapih, biasanya pasar tradisional terkenal kotor apalagi di bagian ikan, daging dan lainnya biasanya kotor, tapi di sini semuanya bersih dan tertata dengan baik,” kata Wagub Uu.

”Mudah-mudahan selamanya menjadi bersih, dan pasar pasar di Jabar bisa seperti ini. Pasar seperti ini layak dijadikan contoh agar pasar tradisional tidak ditinggalkan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu Wamen Perdagangan RI Jerry Sambuaga menjelaskan harga bahan pokok relatif turun seperti telur, bawang putih, bawang merah dan minyak goreng yang sesuai HET.

”Artinya ini langkah pemerintah kita sudah bisa memberi bukti bahwa kita bisa menekan harga dan memastikan ketersediaan aman,” katanya

Wamen Jerry, menyebut yang terpenting yakni stok ketersediaan yang selalu ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam membeli bahan pokok

“Di Pasar Soreang ini mayoritas turun dan stabil yang paling penting ketersediaannya aman, maka nya saya tekankan sekali lagi yang menjadi prioritas kami adalah ketersediaan dan itu yg kita jaga terus,” katanya

Wamen Jerry mengapresiasi Pemdaprov Jabar yang selalu mendukung upaya Pemerintah Pusat dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok menjelang Lebaran ini dan ia menegaskan  Kementerian Perdagangan akan siap membantu

”Mudah-mudahan menjelang Lebaran yang tinggal beberapa hari ke depan kita juga bisa menjaga harga itu, karena itu saya berterima kasih kepada Pemprov Jabar, yang selama ini memberikan dukungannya, kami dari Kementerian Perdagangan siap untuk membantu,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top