Market

UNJ Gandeng Desa Wisata Cisaat Kembangkan Paket Wisata Trekking

UNJ Gandeng Desa Wisata Cisaat Kembangkan Paket Wisata Trekking

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Sebagai bentuk nyata dari kegiatan pengabdian masyarakat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) khususnya Program Studi Usaha Perjalanan Wisata kembali melakukan pengembangan pariwisata di daerah, Kali ini dengan menggandeng Desa Wisata Cisaat Ciater, Kabupaten Subang.

“Program wisata yang dikembangkan adalah paket wisata trekking, sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dari UNJ,” Jenal Abidin Dosen Perjalanan Wisata.

UNJ Gandeng Desa Wisata Cisaat Kembangkan Paket Wisata Trekking

Lebih jauh Abidin yang juga ketua panitia pelaksana, mengatakan dipilihnya Desa Wisata Cisaat sebagai objek wisata trekking, karena Desa Cisaat memiliki potensi landscape serta keindahan alam yang bisa dikembangkan untuk wisata trekking mulai dari perkebunan nanas, pesawahan, perkebunan teh serta sumber mata air alami Cimutan. “Wisata trekking sendiri merupakan salah satu wisata petualangan yang banyak diminati oleh wisatawan,” katanya.
Desa Cisaat sendiri yang terletak di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang merupakan desa binaan Program Studi usaha Perjalanan Wisata UNJ sejak tahun 2018 dan berhasil memperoleh juara 3 nasional pendampingan Desa Wisata Terbaik se Indonesia serta menjadi praktek program merdeka belajar (MBKM) pada tahun 2021.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 1-7 Agustus 2022 dengan sasaran adalah POKDARWIS, Karang Taruna dimulai dengan sosialisasi tentang paket wisata trekking, melakukan observasi dan survey rute trekking, menyusun paket wisata serta melakukan uji coba terbatas paket wisata trekking.

Salah satu anggota Pokdarwis Hari, menyatakan bahwa dengan kegiatan pengembangan wisata trekking kami mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru tentang potensi yang selama ini kami miliki tetapi tidak mengetahui bisa dikembangkan menjadi sebuah paket wisata.
” Kami berharap dengan adanya paket wisata trekking ini bisa menambah jumlah wisatawan yang datang ke Desa wisata Cisaat,” katanya.***

Penulis     :    A Rohman

Editor       :     Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top