Perbankan

UMKM Pasar Kelapa Dua Gunakan Transaksi Nontunai QRIS

Uji Coba Transaksi Non Tunai QRIS Pada Umkm Pasar Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang/Foto: A Rohman

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM--Percepatan digitalisasi UMKM menjadi sebuah keniscayaan. Karena itu, para pedagang pasar termasuk UMKM terbantu transaks non tunai dengan penggunaan teknologi fintech tersebut. “Memudahkan kita dalam transaksi, dan terbantu dalam memperluas jaringan konsumen,” kata Pedagang Telur Pasar Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Muhamad Irfan saat uji coba menggunakan QRIS, di Tangerang, Kamis (16/12/2021).

Diakui, Muhamad Irfan, kondisi harga telur terus melonjak, awalnya Rp22.000/kg hingga mencapai Rp. 25.000 per kilogramnya. “Pasokan masih aman namun menghadapi Nataru kebutuhan meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, sistem pembayaran non (QRIS) mempermudah dalam berbagai transaksi. “Memang naik pak, permintaan terus meningkat menghadapi natal dan tahun baru. Naiknya sampai Rp. 3.000,” tukasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid mengungkapkan pelaksanaan uji coba sistem ini yang berjalan lancar. Langkah uji coba itu dilakukan pada UMKM Pasar Kelapa Dua guna merespon tuntutan perkembangan teknologi dan informasi. “Program yang luar biasa, hasil kerja sama dengan BJB dan BUMD Pasar,” terangnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi dan informasi menuntut semua serba cepat, aman dan nyaman. Uji coba sistem QRIS ini merupakan jawaban pemda atas tuntutan perkembangan tersebut khususnya dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat, khusus dalam hal transaksi keuangan. “Kita tidak perlu lagi repot-repot membawa uang fisik, cukup dengan handphone saja, kita sudah bisa melakukan transaksi dengan mudah”, ungkapnya .

Tambah Maesyal, selain mudah, dari aspek kesehatan sistem ini juga sangat membantu dalam rangka antisipasi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang melanda di Kabupaten Tangerang dan di berbagai negara. “Jadi ada beberapa yang kita dapati, antara lain adalah kecepatan, transparansi sekaligus juga tidak membawa uang secara fisik (aman) juga lebih praktis tidak merepotkan” kata dia. ***

Penulis   :   A Rohman
Editor     :   Chandra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top