Nasional

Udara Jakarta Buruk, Pemerintah Harus Bertanggung Jawab

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM-Sudah beberapa minggu ini Jakarta menempati rekor terburuk dunia untuk kualitas udara yang tidak sehat (air quality index) menurut situs resmi Air Visual.

“Pemerintah telah lalai, ini hak atas lingkungan yang sehat murni jadi tanggung jawab utama pemerintah,” tandas Azmi Syahputra Ketua Asosiasi Ilmuwan Praktisi Hukum Indonesia (Alpha) kepada wartawan di Jakarta, Senin (29/07/2019).

Menurutnya, Jika ini dibiarkan terus akan banyak kerugian yang dialami masyarakat.

“Hak kesehatan masyarakat jadi berpotensi memburuk, kondisi ini akibat pemerintah lalai mengurusi hal ini,dampak lainnya biaya kesehatan masyarakat akan membesar bahkan mencapai triliyunan akibat polusi dari kualitas udara yang tidak sehat ini,” tegas dia.

Pemerintahan, kata dia, tampaknya sampai saat ini diam belum ada langkah tegas pencegahan atau penanggulangan.

Setidaknya, Azmi menyarankan, agar pemerintah menyadari dan mengakui ada keadaan kualitas udara yang tidak sehat di Jakarta dan melakukan himbauan memakai masker pada warga yang beraktifitas.

“Selanjutnya membuat kebijakan nyata memaksimalkan transportasi publik, memperbanyak menanam pohon, perbanyak taman, membatasi usia kendaraan di Jakarta termasuk pembangunan gedung tidak menggunakan kaca karbon,” sambungnya.

Selain itu, saran dia lagi, legislatif segera memanggil dan minta tanggung jawab eksekutif.

“Atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dapat melakukan gugatan dengan hak legal standing (Pasal 92 UU Nomor 32/2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup) karena menyangkut perlindungan bagi warga dalam hal ini hak untuk mendapatkan lingkungan yang sehat, baik,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top