Nasional

Turki-Yunani Diguncang Gempa M 7, 4 Orang Tewas dan Rusak Bangunan

ISTANBUL , SUARAINVESTOR.COM – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,0 melanda Laut Aegea dan dampaknya dirasakan kuat di Turki. Setidaknya ada empat orang warga yang meninggal dunia akibat gempa tersebut.
Seperti dilansir CNN dan AFP, Jumat (30/10/2020).

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca melalui Twitter mengatakan ada empat orang tewas akibat gempa. Selain itu, ada 120 warga Turki lainnya yang terluka.

Selain itu, gempa juga dirasakan kuat di Yunani. Pusat gempa diketahui berada di Laut Aegea yang berbatasan dengan Yunani. Guncangan gempa terasa keras di Pulau Samos, Yunani. USGS melaporkan gempa itu berkekuatan M 7.

Institut Geodinamik Yunani menyebut pusat gempa ada di laut, berjarak 19 km dari Pulau Samos. Kedalamannya 2 km.

Foto yang beredar menunjukkan gereja besar di Pulau Samos runtuh. Gempa juga terasa di ibu kota Yunani, Athena.

Melalui Twitter, Presiden Turki Turki Reccep Tayyip Erdogan berharap kondisi segera pulih. “Semoga lekas pulih İzmir,” ujar Erdogan.

“Dengan semua sarana negara kami, kami berada bersama warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri yang relevan,” kata Erdogan.

Gempa ini dirasakan dari Istanbul hingga Athena. Express menyebut gelombang pasang menerjang pesisir Izmir dan air laut memasuki kota yang berpenduduk sekitar 3 juta jiwa itu.

“Sejauh ini kami telah menerima informasi tentang enam bangunan yang ambruk” di provinsi Izmir, kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu di Twitter.

“Beberapa warga kami terjebak di reruntuhan,” kata Menteri Lingkungan Hidup Turki Murat Kurum.
Gempa tersebut juga memicu tsunami kecil di Seferihisar, kata Huseyin Alan kepala Teknisi Geologi Turki kepada kantor berita negara TRT seraya memperingatkan agar orang-orang menjauh dari gedung.

Foto-foto di media sosial menunjukkan air menggenangi jalanan Izmir karena gelombang pasang dari laut.
USGS mengatakan, gempat tercatat 14 km dari kota Neon Karlovasion Yunani di pulau Samos, Laut Aegea.
Sementara itu badan bencana pemerintah Turki AFAD melaporkan kekuatan gempa yang lebih rendah yakni magnitudo 6,6 di kedalaman 16,5 km.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top