Nasional

Tujuh Anggota PAW MPR Diminta Kawal Pancasila

JAKARTA-MPR mengingatkan anggota penggantian antar-waktu (PAW) yang baru dilantik untuk fokus bekerja meskipun saat ini sudah memasuki tahun politik. “Atas nama pimpinan dan anggota MPR RI, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada kepada saudara-saudara anggota MPR PAW, yang baru saja mengucapkan sumpah dan janji,” kata Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) usai memimpin upacara pelantikan pengucapan sumpah dan janji anggota MPR PAW, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu, (25/4/2018).

Pada acara pelantikan dan pengucapan sumpah tersebut, Oesman Sapta didampingi oleh Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin dan Ahmad Basarah. Menurut Oesman Sapta, sebagai anggota MPR RI para anggota MPR PAW yang baru dilantik bersama seluruh anggota MPR RI lainnya memiliki kewajiban menjalankan tugas-tugas fungsional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi. “Sebagai anggota MPR RI, idealnya saudara-saudara melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan masing-masing masing-masing untuk negara Indonesia,” katanya.

Menurut Oesman, agenda politik nasional pada 2018 dan 2019 sangat padat, yakni pilkada serentak 2018 maupun pemilu 2019 yang meliputi pemilu legislatif dan pemilu presiden. Karena itu, kata dia, tahun 2018 dan 2019 disebut sebagai tahun politik. “Anggota MPR RI, akan terlibat secara langsung maupun tidak langsung, pada agenda politik nasional pada tahun politik,” katanya.

Ketua DPD RI ini menegaskan, meskipun agenda politik nasional sangat padat, tapi para anggota MPR RI harus terus bekerja menjalankan tugas-tugas fungsionalnya dengan fokus.

Menurut dia, Indonesia akan terus melanjutkan konsolidasi bangsa dengan baik sesuai dengan arah pembangunan demokrasi. “Anggota MPR RI saatnya melakukan tugas-tugas konstitusional
untuk menguatkan persatuan bangsa. Menjadi kewajiban kita sebagai anggota MPR RI untuk mencurahkan perhatiannya dalam mengawal keragaman bangsa untuk tetap damai. Mengawal nilai-nilai luhur Pancasila dalam era globalisasi saat ini, seperti diamanahkan dalam pembukaan UUD 1945,” kata Oesman.

Sebanyak tujuh anggota MPR RI PAW yang dilantik dan mengucapkan sumpah janji adalah, Aryanto Munawar dari Fraksi PKB dari daerah pemilihan Lampung I menggantikan Musa Zainuddin, Munawar Rachman dari Fraksi PKB dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII menggantikan Ida Fauziyah.

Kemudian, Azis Adyas dari Kelompok DPD RI dari Provinsi Lampung menggantikan Ahmad Jajuli, Andi Muhammad Ihsan dari Kelompok DPD RI dari Provinsi Sulawesi Selatan menggantikan Abdul Aziz Kahar Muzakkar, Selamet dari Fraksi PKS dari daerah pemilihan Jawa Barat IV menggantikan Yudi Widiana Adia, Aus Hidayat Nur dari Fraksi PKS daerah pemilihan Kalimantan Timur menggantikan Hadi Mulyadi, serta Napa S Jawat dari Kelompok DPD RI Provinsi Kalimantan Timur menggantikan Muhammad Mawardi.

Satu anggota MPR RI PAW tidak hadir pada acara pelantikan dan pengucapan sumpah janji, adalah Yasin Welson Lajaha dari Kelompok DPD RI Provinsi Sulawesi Tenggara Muliati Saiman. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top