Market

Transaksi Melonjak 200%, Penjualan Produk Pangan Lewat Online Jadi Solusi

Teten Masduki/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Platform daring menjadi solusi UKM dalam menggenjot penjualan produknya. Bahkan transaksi untuk produk pangan hingga perlengkapan olahraga dan outdoor meningkat. Berdasarkan data yang diperoleh dari sejumlah pasar daring seperti Bukalapak dan Tokopedia, pembelian produk bahan pokok meningkat hingga 350 persen selama masa pandemi COVID-19. “Ini menunjukkan transaksi di market online pada masa pandemi cukup efektif,” kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki di Jakarta, Selasa, (28/4/2020).

Selain itu, jumlah pembuatan akun baru khususnya yang menjual produk-produk kesehatan, seperti masker, hand sanitizer dan vitamin meningkat 250 persen. “Memang dampaknya kepada UMKM luar biasa, tetapi juga ada kesempatan pada sektor-sektor tertentu,” ujarnya.

Kemudian, peningkatan juga terjadi pada penjualan produk makanan minuman, herbal dan instan sebesar 200 persen, serta produk indoor/outdoor, game dan perlengkapan olahraga meningkat 7 persen.

Teten menilai usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi sektor bisnis yang paling terdampak di tengah masa penanganan pandemi COVID-19.

Menurut dia, e-commerce dan platform online menjadi solusi bagi sejumlah UKM sehingga mereka masih bisa memasarkan produk dan menjalankan usahanya sesuai protokol pencegahan COVID-19.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh pelaku koperasi dan UMKM untuk bisa memanfaatkan teknologi digital sebagai media pemasaran produk. “Saya mengajak seluruh pelaku koperasi dan UMKM untuk memanfaatkan momen COVID-19, untuk bisa belajar lebih aktif, memanfaatkan teknologi digital dalam mengatasi permasalahan, salah satunya pemasaran,” pungkasnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top