Headline

Tol Mojokerto-Jombang Dibuka Akhir 2016

JAKARTA-Proyek jalan tol Mojokerto-Jombang sepanjang 40,5 km bisa berfungsi pada 2016. Kini tinggal menanti terbitnya surat laik operasi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). “Sedang diperiksa oleh BPJT, bulan Oktober sudah bisa operasional,” kata Direktur PT Astratel Nusantara Wiwiek D. Santoso, kemarin.

Menurut Wiwiek D Santoso, untuk ruas seksi III Jombang-Mojokerto pada ruas Mojokerto-Mojokerto Barat sepanjang 5 Km telah selesai pengerjaan fisiknya dan siap beroperasi pada bulan depan.

Diakui Wiwiek, dari empat seksi jalur tol sepanjang 40,5 kilometer ini, pihaknya baru mengoperasikan seksi I ruas Jombang Barat-Jombang Utara sejak Oktober 2014 yang akan ditambah dengan seksi III.

Untuk seksi II, lanjutnya, dengan panjang 20 km kini telah mencapai 55% dan diperkirakan akan operasional pada Maret tahun depan. “Sementara itu Seksi IV kan cuma sedikit, 900 meter buat nyambung ke Ngawi-Kertosono, tahun ini juga bisa selesai,” imbuhnya

Selain itu, Wiwiek mengungkapkan adanya pembengkakan investasi sebesar Rp400 miliar dari yang sebelumnya Rp3,6 triliun menjadi Rp4 triliun untuk keseluruhan ruas tersebut. Namun pihaknya belum mengajukan peninjauan kembali investasi kepada BPJT.

Guna melengkapi pendanaan untuk konstruksi seksi II dan IV, PT PT Astratel Nusantara menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun. “Bulan ini sampai dengan Januari tahun depan dana itu akan terus mengucur secara bertahap,” ujarnya.

Astratel merupakan pemilik PT Marga Harjaya Infrastruktur, yang  memegang konsesi Mojokerto-Jombang sepanjang 40,5 kilometer.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top