Headline

Tol Jatim Dapat Difungsikan Sebelum Lebaran

SURABAYA-Sejumlah ruas jalan tol di wilayah Jawa Timur yakni dapat difungsikan sebelum Lebaran 2017. Sehingga bisa digunakan saat musim arus mudik maupun balik. “Menjelang Idul Fitri tahun ini, ruas-ruas tol yang ada di Jatim sudah bisa difungsikan, khususnya ruas Tol Surabaya-Mojokerto-Jombang,” kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu, (2/2/2017)

Saat ini, kata dia, proses untuk pembangunan Tol Sumo tinggal seksi 1B yang belum selesai karena terkendala adanya rumah belum dibebaskan. Selain itu, ruas tol jurusan Mojokerto-Surabaya, Mojokerto-Jombang, dan Jombang-Mengkreng sebenarnya sudah bisa difungsikan, namun masalahnya setelah Mengkreng selalu macet di rel kereta api.
“Saya suruh makadam di tiga jembatan itu saja juga tidak akan selesai. Pas Mengkreng itu butuh tiga jembatan. Tapi untuk yang di Tol Sumo sudah selesai semua,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Pak De Karwo-sapaan akrabnya mengaku siap mempermudah proses percepatan proyek pembangunan jalan tol di Jatim, yakni membantu proses pembebasan lahan milik pemprov yang akan dilalui tol tersebut. Pihaknya, lanjutnya, juga sedang berupaya agar dana talangan dari pemerintah pusat segera turun. Pihaknya berkoordinasi dengan mengirimkan surat kepada Menteri Keuangan dengan harapan segera menurunkan dana talangan tersebut untuk percepatan pembangunan tol.

Kabid Pembangunan BBPJN VIII Surabaya Achmad Subki menegaskan berusaha keras mewujudkan penyelesaian proyek tol di seluruh Jawa sebelum Lebaran. “Target yang diberikan itu sifatnya fungsional. Jalan tol itu nanti bisa difungsikan untuk arus mudik Lebaran nanti. Itu memang belum selesai, tapi sudah bisa difungsikan,” katanya.

Ia menjelaskan dari sembilan ruas jalan tol yang dalam proses pengerjaan, ada lima ruas yang ditarget secara fungsional sebelum Lebaran, yaitu Saradan-Nganjuk 14,5 kilometer, Jombang-Mojokerto Barat seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer, Surabaya-Mojokerto seksi 1 sepanjang 4,3 kilometer, Pandaan-Malang 20 kilometer, serta Gempol-Pasuruan seksi 1 sepanjang 13 kilometer. “Untuk tiga ruas Insya Allah bisa difungsikan saat Lebaran nanti,” paparnya.

Untuk yang Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan itu tentatif, sambungnya, Pemprov akan berupaya keras agar secara fungsional bisa direalisasikan. Secara fungsional ini beda dengan operasional, semisal harusnya empat ruas, tapi dua ruas sudah bisa difungsikan,” katanya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top