Nasional

TKN Tantang Kubu Prabowo Adu Data Dokumen C1

JAKARTA, Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menantang kubu Prabowo untuk adu data C1, kini Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, juga menantang hal yang sama, agar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo –Sandi tidak hanya berkoar-kora pemilu curang.

“TKN menantang BPN untuk saling adu data dokumen C1 dan membandingkannya dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi nasional yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU),” tegas Juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Arya Sinulingga di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

“Kami TKN menantang BPN adu data di KPU. Kita buka satu per satu data C1 di semua TPS, 800.000 TPS itu. Kerahkan berapa orang mereka mampu, kami juga akan kerahkan berapa orang yang kami mampu. Kita adu data di KPU,” kata Arya.

Menurut Arya, TKN sebenarnya sudah mengajak BPN saling adu data di tiap tingkatan rekapitulasi suara. Mulai dari rekapitulasi di tingkat kecamatan, karena saksi dari BPN Prabowo-Sandi selalu menandatangani hasilnya.

Namun demikian, BPN terus menerus menyebut ada kecurangan ketika mereka berada di luar forum rekapitulasi. “Sekarang kami tantang, kalau benar BPN punya C1 asli dan mengatakan ada kecurangan, kami tantang di KPU. Ikut pleno di KPU, tantang di pleno, berani enggak?” jelas Arya.

Karena itu dia minta BPN tidak hanya koar-koar dengan mengatakan bohong, curang, dan sebagainya. Tapi, adu data dokumen C1. “Jangan tuduh pemilu curang tanpa bukti,” pungkasnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi menegaskan menolak penghitungan suara yang tengah berjalan di KPU. Alasannya, BPN mengklaim telah terjadi banyak kecurangan yang merugikan pihaknya di Pilpres 2019.

“Berdasarkan hal tersebut, kami BPN Prabowo-Sandi bersama rakyat Indonesia yang sadar hak demokrasinya menyatakan menolak hasil penghitungan suara dari KPU yang sedang berjalan,” kata Ketua BPN Djoko Santoso dalam acara “Mengungkap Fakta-fakta Kecurangan Pilpres 2019” di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top