Infrastruktur

Tingkatkan Layanan Angkutan Penyeberangan, Dirjen Hubdat Pindahkan 6 Kapal dan 2 Lintasan dari Pelabuhan Ketapang

Tingkatkan Layanan Angkutan Penyeberangan, Dirjen Hubdat Pindahkan 6 Kapal dan 2 Lintasan dari Pelabuhan Ketapang
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo/foto anjasmara

SITUBONDO, SUARAINVESTOR.COM – Dalam rangka meningkatkan layanan angkutan penyeberangan yang makin diminati masyarakat khususnya menuju Lembar dan Kupang, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan berencana akan memindahkan sebanyak 6 kapal dan 2 lintasan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur pada Minggu (6/2/2022).

Pada tinjauan tersebut, Dirjen Budi mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat antara Bapak Menteri Perhubungan dengan Gubernur Jawa Timur, Bupati Situbondo, serta Forkopimda Provinsi Jawa Timur rencananya akan dilakukan pemanfaatan Pelabuhan Jangkar sebagai salah satu simpul transportasi untuk melayani masyarakat yang ingin menuju Lembar dan Kupang.

Lebih lanjut, Dirjen Budi mengatakan dengan adanya pemindahan tersebut tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif, namun pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan dari berbagai aspek termasuk aspek keamanan saat penumpang menunggu serta aspek kenyamanan.

“Pada dasarnya kami mendukung Pemerintah Daerah untuk memindahkan lintasan tersebut melihat sisi positifnya juga yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo dan sekitarnya, menghemat waktu perjalanan selama 2 jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan saat perjalanan,” tegas Dirjen Budi.

Selain itu, Dirjen Budi juga telah mengimbau kepada Pemerintah Daerah untuk memperhatikan akses jalan keluar dari Pelabuhan Jangkar. “Secara teknis maupun kondisi eksisting, Pelabuhan Jangkar ini sudah cukup bagus, pemerintah daerah juga akan menambah Buffer Zone,” jelas Dirjen Budi.

Dengan adanya rencana tersebut, bagi masyarakat yang berada di sekitar Probolinggo, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Jember nantinya juga dapat menggunakan layanan tersebut untuk menyemarakkan acara Moto GP pada bulan Maret mendatang.

Diketahui Pelabuhan Jangkar saat ini melayani operasional keperintisan meliputi 4 lintasan dengan 3 unit kapal di antaranya KMP. Munggiyango Hulalo rute Jangkar – Kangean dan rute Jangkar – Kalianget, KMP. Satya Kencana rute P.Sapudi – Jangkar, dan KMP. Dharma Kartika rute Raas – Jangkar.

Senada dengan pernyataan Dirjen Budi, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, sebagaimana yang disampaikan Dirjen Budi, kami siap untuk melayani trayek baru yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang di mana nantinya para sopir tidak perlu bersusah-payah melalui tanjakan yang cukup tinggi sebab melalui Pelabuhan Jangkar ini perjalanan menuju Lembar maupun Kupang menjadi lebih cepat, aman, dan selamat.

Turut mendampingi Dirjen Budi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Tulus Prijatmadji, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Tonny Agus Setiono, Kepala Subdit Prasarana TSDP Beta Margunadi, perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Republik Indonesia (KPLP), dan Jasa Raharja.

Penulis: Arpqso

Editor: Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top