Nasional

THR DPR Dipangkas, FPDIP: Anggaran Harus Tepat Sasaran

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM –  DPR mendukung kebijakan pemangkasan THR anggita DPR, Presiden, menteri dan pejabat (PNS) eselon I dan II. Namun kebijakan itu harus didukung dengan langkah-langkah strategis agar anggaran yang tersedia tepat sasaran dan maksimal penggunaannya.

Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI FPDI-P Muhamad Nabil Haroen (Gus Nabil), Jumat (17/4/2020).

Hal terkait dengan pemotongan THR untuk Presiden hingga Anggota DPR, ada beberapa gagasan yang ingin saya sampaikan ke publik:

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan bahwa tidak ada THR bagi Presiden, Menteri, Anggota DPR hingga ASN eselon I dan II. Sementara ASN eselon III ke bawah dan TNI-Polri, tetap mendapatkan THR dari pemerintah.

Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, menyampaikan ada penurunan anggaran pendapatan negara, khususnya dari sektor pajak. Kemenkeu memprediksi ada penurunan hingga 10 persen. Implikasinya, akan ada pemotongan anggaran untuk TKDD (transfer ke daerah dan dana desa), sebesar Rp. 94 triliun. Untuk itu, pemerintah harus memastikan dana ke daerah untuk optimasi dan penguatan ketahanan pangan, terutama dukungan terhadap petani dan nelayan.

“Anggaran Rp405,1 triliun untuk penanganan Covid-19 harus dikelola sangat baik dan transparan. Jangan sampai menguntungkan segelintir elite dan merugikan rakyat. Rakyat butuh kebijakan-kebijakan yang langsung diterima manfaatnya, terutama pada situasi sulit akibat pandemi Covid-19,” kata Gus Nabil.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top