Nasional

The President Center : Mahfud MD Calon Kuat Cawapres Jokowi

JAKARTA-Sayap baru pendukung Joko Widodo Dua Periode (2019-2024) yaitu The President Center, Rumah Relawan Nusantara (RRN) Jokowi menilai Mahfud MD sosok ideal jadi Cawapres Joko Widodo. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu dinilai akan mampu menarik dan menperkuat dukungan suara dari berbagai pihak serta dapat diterima banyak golongan.

Adalah salah satu Ketua Presidium Rumah Relawan Nusantara (RRN) Jokowi The President Center, Ridwan Balia kepada media di Jakarta menyampaikan pemikiran dari sekian banyak Figur yang disebut-sebut memiliki peluang mendampingi Jokowi menjadi Cawapres yang paling ideal adalah Mahfud MD.

“Mahfud MD itu memiliki banyak kelebihan, baik pengalaman, kematangan, intelektualitas, jaringan keberbagai kelompok, seperti agama, pemuda, pelajar, mahasiswa, militer, aktivis, dalam dan luar negeri. Mahfud MD kader NU yang dekat Gus Dur serta punya kemampuan lebih dan hampir dapat diterima semua pihak,” tegas mantan Wakil Sekjen GP. Ansor itu.

Ridwan Balia tidak meremehkan kemampuan figur-figur yang namanya sering disebut-sebut media, seperti Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Menteri Keuangan Sri Mulyadi, Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) atau figur lain dari Partai Politik. Tetapi Mahfud MD punya kelebihan banyak serta orangnya tidak neko-neko. Jadi cocok dengan karakter Jokowi.

Lebih lanjut menurut mantan Ketua DPP AMNU (Angkatan Muda NU) itu, Mahfud MD sudah paripurna. Pernah menjadi Anggota DPR RI, Menhan, Ketua MK, Ketua Penasehat Lembaga Pembinaan dan Bantuan Hukum NU ( LPBHNU ) serta bersama Gus Dur membesarkan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa). Mahfud MD lah salah satu Vote Getter selain Rhoma Irama pada Pemilu 2014 yang turut menaikkan suara PKB.

“Jadi kami Rumah Relawan Nusantara (RRN) Jokowi The President Center memberi masukan kepada Jokowi agar mempertimbangkan dengan matang figur Mahfud MD. Jika dibutuhkan orang yang dekat dengan kelompok muslim, Mahfud memiliki kemampuan itu. Beliau termasuk salah satu intelektual muslim yang baik. Jika dibutuhkan figur yang termasuk bersih dan anti korupsi yang paham tata negara, Mahfud MD punya kemampuan itu” lanjut pria asal Lampung itu.

Ketika ditanya bagaimana sikap partai politik yang masing-masing mencalonkan kadernya? Bagi Jokowi, tegas Ridwan Balia lebih aman mengambil figur yang netral bukan utusan partai. Seban jika diusulkan lewat partai justru membuat partai-partai pengusung menjadi iri. Dan itu rawan terjadi disharmonis. Lebih baik memilih Cawapres yang fokus kerja, seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Pilpres 2009 memilih Boediono yang netral.

RUMAH RELAWAN NUSANTARA

Tentang Rumah Relawan Nusantara (RRN) Jokowi Dua Periode The President Center, menurut Ridwan Balia merupakan organisasi yang dibentuk dan wadah bagi kader NU (Nahdlatul Ulama) Kultural, LSM, Organisasi Kemasyarakatan, Federasi Serikat Pekerja maupun relawan lain.Didalamnya ada aktivis, tokoh LSM, serikat pekerja, pengusaha, petani, nelayan, tokoh agama, pemuda, mahasiswa, kaum perempuan, komunitas kultural NU, dll

Disebutkan The President Center nanti akan fokus dalam menampung berbagai masukan, kritikan, saran dan dukungan serta menyampaikan informasi yang jelas terhadap hasil-hasil kerja Jokowi selama memimpin Indonesia dalam pembangunan. Rakyat perlu diberi informasi yang jelas sekaligus menyampaikan berbagai kendala, kenapa ada program-program yang belum tercapai. Untuk itulah dibutuhkan kesinambungan kepemimpinan dua periode.

Jaringan The President Center sudah teruji dan berdiiri sejak tahun 2009 serta ada di 34 Propinsi dan diratusan Kabupaten Kota. The President Center juga akan membangun sinergitas dengan relawan Jokowi lainnya guna saling mengisi dan memperkuat agar gerakannya tidak kontraproduktif dalam upaya memenangkan Jokowi dua periode.

The President Center yang digagas Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat), HM. Jusuf Rizal ini bersifat terbuka tanpa memandang agama, ras, suku, golongan maupun latarbelakang politik. Pendiri lain KH. Ahmad Utomo (Gus Ud Yogyakarta), Roisuddin Ilyas (Mantan Ketua PMII DKI), Fahmy Hakiem, Muhammad Naim (Mantan Tim Relawan Prabowo), Dedi Suderajat, Mustakim Ishak, dan lain-lainnya. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top