Infrastruktur

Teman Bus Surabaya, “Trans Semanggi Suroboyo” Resmi Beroperasi

Teman Bus Surabaya, “Trans Semanggi Suroboyo” Resmi Beroperasi
Dirjen Hubdat dan Walikota Surabaya Resmikan “Trans Semanggi Suroboyo” /Foto: Anjasmara

SURABAYA, SUARAINVESTOR.COM – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Direktorat Angkutan Jalan menggelar acara launching program Teman Bus di Surabaya, sebuah pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan yang dinamakan “Trans Semanggi Suroboyo” pada Rabu (29/12/2021) di Balai Kota Surabaya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Marta Hardisarwono, SE.MSi., Walikota Surabaya, Eri Cahyadi ST, MT, serta beberapa jajaran di Kementerian Perhubungan dan instansi terkait. Program pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan di wilayah perkotaan dengan skema Buy The Service (BTS), merupakan program yang dirancang oleh Direktorat Angkutan Jalan agar dapat mengintervensi pengembangan Angkutan umum perkotaan di Indonesia sehingga muncul terobosan yang inovatif.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Marta Hardisarwono, SE.MSi., mengatakan, “Suatu kebanggaan pada hari ini Jawa Timur tepatnya Kota Surabaya menjadi kota terpilih dalam pengembangan angkutan massal di kawasan perkotaan berbasis jalan atau program Teman Bus. Di mana besar harapan kami agar Pemerintah Kota Surabaya dapat menerapkan pendekatan push strategy untuk mendorong masyarakat menggunakan angkutan umum, sehingga program ini dapat berjalan maksimal,” ujar Marta Hardisarwono, SE.MSi.

Konsep Buy The Service berbasis aplikasi ini didukung oleh Manajemen Pengelola dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi yang meliputi: sistem operasional, sistem pemeliharaan, sistem Pengelolaan Keuangan dan sistem SDM yang didukung dengan digitalisasi secara real time untuk menuju angkutan umum yang lebih profesional.
Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, ST, MT dalam sambutannya mengatakan

“Saya optimis kehadiran Teman Bus di Surabaya atau Semanggi Suroboyo Bus ini mampu mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas serta Merubah wajar kota ini menjadi lebih modern dan lebih berkualitas, sehingga diharapkan dukungan masyarakat untuk memaksimalkan angkutan umum massal ini,” kata Eri Cahyadi, ST, MT

Trans Semanggi Suroboyo akan melayani pada Jam operasional dari 05.00 – 21.00 WIB dengan tersedia sebanyak total 104 unit bus yang siap melayani penumpang di 6 (enam) rute layanan:
Koridor 1 Terminal Purbaya – Tanjung Perak via Raya Darmo
Koridor 2 Raya Indah Wetan – Karang Menjangan – ITS
Koridor 3 Terminal Purbaya – Kenjeran via MERR
Koridor 4 GBT – Unesa – Mastrip
Koridor 5 Terminal Purbaya – Unair Kampus C

Adapun armada Trans Semanggi Suroboyo ini akan dioperasikan dengan ukuran Bus Besar – high entry yang telah disesuaikan dengan rute trayek masing-masing agar perjalanan perjalanan penumpang terasa nyaman. Kedepannya, Trans Semanggi Suroboyo juga akan dilengkapi dengan armada Bus Listrik supaya kualitas udara kota Surabaya semakin baik. Bus juga dilengkapi rak sepeda di bagian depan, yang bertujuan sebagai alat transportasi intermoda untuk mengakomodasi penumpang yang memadukan sarana transportasi dengan menggunakan sepeda dan bus.

Teman Bus diharapkan menjadi bagian digitalisasi 4.0 smart city program yang mendukung cashless society. Program ini adalah sebagai langkah awal implementasi dari program Buy The Service yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung di Bus yang lebih baik untuk meningkatkan pelayanan dengan harapan lebih banyak penumpang yang beralih ke moda transportasi publik.

Setelah sukses rilis di 9 kota besar di Indonesia yaitu Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan, Makassar, Banyumas, Banjarmasin dan Bandung pada akhir tahun ini Kemenhub menyasar kota lainnya, yaitu Surabaya. Sejak peluncurannya di tahun 2020, Teman Bus telah mendapat atensi besar dari masyarakat dan sukses mencapai lebih dari 13 juta perjalanan penumpang lebih. “Saya mengajak seluruh masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk beralih ke moda transportasi umum, khususnya Teman Bus, karena selain aman dan nyaman, armada Teman Bus juga dilengkapi teknologi canggih, sehingga memudahkan mobilitas masyarakat,” pungkas Marta Hardisarwono, SE.MSi.

Tentang Teman Bus

TEMAN BUS merupakan implementasi program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika yang andal dan berbasis non tunai untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan mobilisasi. Tujuan utama TEMAN BUS adalah memberikan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu TEMAN BUS memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah.

TEMAN BUS dilengkapi dengan Internet of Things Smart Bus, CCTV dan sensor alarm pengemudi adalah salah satu upaya untuk memberikan rasa aman bagi penumpang. Layanan TEMAN BUS juga mengedepankan kenyaman penumpang dengan selalu menjaga kebersihan area di dalam bus dan mengikuti protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang memakai masker, sosial distancing menjaga kapasitas 50% dan menyediakan hand sanitizer.

Untuk Info jadwal dan penyesuaian waktu operasional, masyarakat bisa dicek di website www.temanbus.com, atau melalui sosial media @teman_bus via Facebook, Instagram dan Twitter. Serta call center di nomor +62 821 82000 300. ***

Penulis      : Desy (Kontributor Jawa Timur)

Editor        : Kamsari

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top