Market

Tekan Inflasi, Pemkab Banyuwangi Gelar Operasi Pasar

BANYUWANGI-Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan sejumlah langkah guna menekan terjadinya gejolak harga menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri 1438 H. Karena fluktuasi harga bisa menyebabkan lonjakan inflasi. “Kuncinya satu masyarakat jangan khawatir. Stok banyak,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam siaran persnya usai menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pantai Solong, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Kalipuro, Selasa (23/5/2017).

Langkah lain yang juga dilakukan, kata mantan anggota DPR dari FKB, Pemkab segera menggelar operasi pasar. Dalam operasi pasar ini, Pemkab Banyuwangi menggandeng Bulog Banyuwangi yang saat ini terus juga melakukan operasi pasar murah di beberapa titik di Banyuwangi. “Yang mengkhawatirkan saat Ramadan nanti. Kenaikan harga bisa tak terelakkan. Makanya kita antisipasi agar harga tak melambung tinggi,” ungkapnya.

Dikatakan Anas, pihaknya fokus pada langkah stabilitas harga menjelang Ramadan. “Disperindag sudah kita instruksikan turun mengecek stok dan harga kebutuhan pangan di Banyuwangi. Alhamdulillah stabil,” ucapnya.

Anas mencontohkan di daerah lain bergejolak tentang kenaikan harga bawang merah dan bawang putih. Namun di Banyuwangi meski naik, tapi tak sampai berpengaruh terhadap inflasi.

Meski begitu, Anas meminta kepada SKPD Banyuwangi untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mengurangi konsumsi makanan yang menimbulkan inflasi.
“Salah satunya adalah cabai. Ya hendaknya dikurangi saat ramadan nanti sakit perut. Sosialisasi dilakukan di khotbah masjid dan lewat camat saat sambutan. Daging juga diharapkan masyarakat bisa beralih ke ikan laut dan tawar,” tambahnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi di Kabupaten Banyuwangi Januari-Maret 2017 mencapai 0,81 persen. Angka ini kembali menjadi terendah se-Jawa Timur. Inflasi Banyuwangi ini juga di bawah rata-rata nasional sebesar 1,19 persen periode yang sama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top