Investasi

Studi Lewat Virtual Tetap Berkualitas

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Amerika Serikat (AS), negara paman Sam ini tidak mengeluarkan visa, termasuk untuk mahasiswa internasional. Kondisi seperti ini, membuat beberapa siswa memutuskan untuk mengambil jeda selama setahun atau menjadwal ulang studi.

Selama pandemi, tidak ada perbedaan besar antara menjalankan studi di dalam dan luar negeri, berkat pembelajaran virtual. Ada beberapa opsi untuk mahasiswa guna mendapatkan edukasi dengan kurikulum AS dan membantu agar lulus tepat waktu meski berada di Indonesia.

Sistem pendidikan tinggi AS menawarkan banyak hal bagi para mahasiswa. Struktur program memberikan penekanan sama pada pembangunan landasan teoretis yang kuat dan pentingnya keterampilan praktis yang berkaitan dengan bidang pekerjaan.

Pemerintah AS memastikan bahwa semua spektrum sektor pendidikan dilengkapi dengan teknologi baru. Hal ini mempermudah hidup mahasiswa dengan akses mudah pada data dan teknologi lainnya. Ini dibuktikan oleh data bahwa dari 200 universitas terbaik di dunia, 40% berada di AS.

Kurikulum Amerika memungkinkan tingkat fleksibilitas tertentu bagi mahasiswa. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah yang berbeda sebelum memutuskan jurusan yang ingin diambil. Bahkan mahasiswa tidak dibatasi pada satu jurusan saja, jadi diperbolehkan memiliki jurusan ganda.

Jadi mencari universitas kredibel yang menerapkan kurikulum AS di Indonesia bisa menjadi jawaban yang tepat untuk saat ini. Tetapi jangan lupa untuk memastikan akreditasi universitas tersebut.

Kampus Fleksibel Bisa Transfer Kredit

Sangat penting mengetahui soal kredit diberikan oleh universitas-universitas Amerika. Hal ini dapat membuat mahasiswa baru mempertimbangkan mencari universitas di Indonesia yang menerapkan kredit berstandar AS.

Jadi ketimbang mengambil jeda setahun, Sampoerna University mengajak para ulusan baru untuk mengambil kelas online sebagai bagian darikuliah tahun pertama mahasiswa di perguruan tinggi.

Mahasiswa Sampoerna Univesity dapat mentransfer kredit ke universitas yang ada di Amerika Serikat dan Kanada, termasuk universitas terbaik dan terakreditasi. “Bagi para mahasiswa yang sedang memikirkan kembali studinya di luar negeri karena kekhawatiran te rkait pandemi Covid-19 bisa tetap lulus dengan tepat waktu dengan keuntungan kurikulum AS,” kata President of Sampoerna University, Dr. Marshall Schott, dalam siaran persnya, Minggu (9/8/2020).

Selain itu, kata Marshall, mahasiswa mendapatkan kredit perguruan tinggi yang diakui secara internasional. “Sebagai hasil kerja sama internasional kami, para mahasiswa dapat mentransfer secara mudah
ke universitas di AS di tahun berikutnya dan lulus di luar negeri tepat waktu,” tambahnya.

Menurutnya, program kredit transfer ini sangat fleksibel dan memungkinkan mahasiswa untuk sewaktu-waktu dapat pindah ke universitas mana pun yang diinginkan. “Tidak ada durasi minimum untuk studi di Indonesia dan mahasiswa dapat menyelesaikan studinya di universitas Amerika Serikat atau Kanada.”

Selain itu, kata Marshall, daripada mengambil jeda, mahasiswa bisa langsung studi dan menjadi tahun akselerasi yang efisien. Ini bisa menjadi pilihan dan memungkinkan untuk mengikuti studi yang terjangkau. Serta mendapatkan gelar AS di dalam negeri tanpa membuang waktu pembelajaran.

Lulus Dengan Dua Gelar

Sampoerna University sebagai sebuah institusi telah diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, serta menerapkan kurikulum berbasis AS yang dikembangkan bersama dengan mitranya di Broward College di Florida yang juga merupakan perguruan tinggi terakreditasi di Amerika Serikat.

Dua tahun pertama di Sampoerna University memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh kredit akademik dari Broward College yang dapat ditransfer ke program empat tahun di universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

Tahun ketiga dan keempat juga memberikan mahasiswa pilihan untuk mendapatkan dua gelar (dalam Bisnis atau Teknik) melalui kerja sama dengan University of Arizona.

Ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan gelar Strata-1 di Indonesia serta gelar sarjana di Universitas terakreditasi di Amerika yang masuk dalam peringkat 100 Universitas Terbaik di dunia.

“Sampoerna University merupakan solusi terbak bagi mahasiswa yang menginginkan gelar internasional atau pun gelar AS tanpa harus meninggalkan kenyamanan dan keamanan berada di rumah.
Bekerja sama dengan University of Arizona, kami menawarkan Program Two-Degree yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar selama dua tahun di Jakarta dengan kurikulum AS dan lulus dengan 2 gelar: gelar sarjana terakreditasi dari University of Arizona dan gelar sarjana (Strata 1) Sampoerna University,” ungkap Marshall lagi.

Bagian terbaik dari program Sampoerna University adalah mahasiswa dapat memperoleh gelar dari University of Arizona di Sampoerna University di Indonesia.

Dengan demikian, mahasiswa juga dapat menabung hingga 75% dari biaya pendidikan internasional mereka. Perkiraan biaya hidup di AS adalah sekitar $10.000 sampai $12.000 per tahun, rata-rata sekitar $700 sampai $1.000 per bulan.  Ini termasuk biaya akomodasi, makanan, transportasi, buku pelajaran, pakaian yang sesuai dengan cuaca, serta biaya hiburan.

Virtual Schooling Terbukti

Sampoerna University memiliki rekam jejak yang sukses dalam menjalankan kelas secara online.
Sampoerna University mempunyai 122 kelas online dan 70 dosen.

Berdasarkan kinerja angkatan 2020, Sampoerna University berhasil mencapai 96% tingkat kehadiran siswa terdaftar, dengan memanfaatkan sistem manajemen pembelajaran Canvas yang digunakan oleh universitas terbaik di dunia, seperti Universitas Stanford, Universitas Oxford, Universitas Chicago, dan banyak lagi.

Sampoerna University adalah salah satu pengadopsi awal sistem manajemen pembelajaran Canvas di antara lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, yang menggabungkan Canvas dengan sistem akademik dan analitis untuk memantau dan melacak seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran.

Dibandingkan dengan hanya melakukan pembelajaran online di universitas di AS, Sampoerna University menawarkan solusi yang lebih baik bagi mahasiswa yang bersedia untuk tidak mengambil jeda, karena proses pembelajaran virtual akan mengikuti waktu lokal Indonesia.

Jika kamu telah memutuskan untuk menjalankan virtual schooling di universitas di luar negeri, kamu juga perlu mempertimbangkan perbedaan waktu antara Indonesia dan Amerika Serikat. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top