Perbankan

Soroti Penerima PMN, DPR Minta BUMN Ciptakan ‘Multiplier Effect’

Soroti Penerima PMN, DPR Minta BUMN Ciptakan ‘Multiplier Effect’
Wakil Ketua BAKN DPR RI Anis Byarwati/Sumber Foto: Dok DPR

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Wakil Ketua BAKN DPR RI Anis Byarwati menegaskan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberikan kepada BUMN harus benar-benar dapat digunakan secara proper  (layak). Bahkan harus mampu menciptakan efek berganda (multiplier effect) sesuai dengan tujuan dan harapan dari diberikannya PMN tersebut. “Karena itu, BAKN melakukan pendalaman terhadap PMN yang diberikan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero), PT ITDC (Persero), dan PT Aneka Tambang,” katanya di Jakarta, Rabu, (7/6/2023).

Lebih jauh Anis berharap tentu juga dengan melibatkan Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN sebagai dua Kementerian yang bertanggung jawab atas PMN yang dikelola oleh BUMN-BUMN tersebut. Dana PMN sendiri berasal dari APBN yang notabene adalah uang rakyat. “Oleh karenanya harus dikelola dengan prinsip kehati-hatian dan harus benar-benar mampu menciptakan multiplier effect, baik output  maupun outcome-nya,” paparnya.

Khusus untuk PT.ITDC, lanjut Anis,  BAKN ingin mengetahui sejauh apa efektivitas pengelolaan proyek strategis super prioritas nasional yang diberikan kepada PT ITDC. “Dan kita mendorong PT ITDC agar bisa memberikan satu destinasi wisata baru bagi Indonesia selain Bali,” ucap Politisi Fraksi PKS itu.

Anis menyampaikan, titik tolak penelaahan yang dilakukan BAKN DPR adalah dari temuan BPK RI. “Hampir sebagian besar rekomendasi yang telah disampaikan oleh BPK itu sudah ditindaklanjuti. Tentu hal itu kita hargai, namun kita juga tetap melihat bahwa ini tidak sekadar menindaklanjuti saja tetapi bagaimana kemudian tata kelolanya bisa menghasilkan BUMN yang baik,” imbuhnya.

Menurut Anis, kapasitas kinerjanya juga mampu memberikan output dan outcome yang sebagaimana kita harapkan. “Karena bagaimanapun para pengelola atau Direksi BUMN yang diamanatkan untuk mendapatkan PMN ini harus betul-betul mengelola PMN tersebut agar naik kapasitas kerjanya, kinerjanya semakin bagus kemudian juga bisa memberikan timbal balik kepada negara sebagai pihak yang memberikan modal,” pungkas Anggota Komisi XI DPR RI ini.***

Penulis : Budiana
Editor   : Budiana

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top