Market

Soal Survei Litbang Kompas, Dolfie: Program Bansos Mampu Jaga Daya Beli Masyarakt

Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Berbagai kebijakan Presiden Joko Widodo yang telah mengucurkan bantuan mulai dari Bansos, BLT subsidi gaji hingga padat karya tunai dan bantuan UMKM dianggap mampuas menahan kontraksi ekonomi nasional. Bahkan bantuan -bantuan tersebut berefek langsung bagi kehidupan rakyat yang terdampak dari Covid-19.

“Hal ini mengkonfirmasi bahwa program pemulihan sosial dan ekonomi yang dijalankan sejak 2020, telah dapat menyangga kehidupan ekonomi rakyat selama menghadapi pandemi covid-19,” kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie OFP kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Menurut Dolfie, bauran kebijakan yang telah diluncurkan dan ditambah dengan sinergi berbagai lembaga ternyata memberikan bukti nyata. “Dalam situasi pandemi Covid-19, dimana perekonomian tertekan sehingga daya beli masyarakat menjadi lebih rendah, maka intervensi melalui program bansos dapat menjaga daya beli masyarakat yang tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan dasar,” ujarnya.

Lebih jauh Politisi PDIP ini menjelaskan selama pandemi Covid-19, pemerintah telah memberikan berbagai stimulus bagi pelaku usaha agar dunia usaha tetap berjalan. Namun, perekonomian Indonesia masih membutuhkan masyarakat berkumpul.
Meskipun kondisi perekonomian masih terkontraksi akibat pandemi, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah membaik.

Seperti diketahui hasil survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebesar 69,1 persen.

Untuk sektor ekonomi, tingkat kepuasan publik pada survei April 2021 sebesar 57,8 persen dan Januari 2021 57,9 persen.

Sektor kesejahteraan sosial, tingkat kepuasan terhadap pemerintah mencapai 71,3 persen. Sementara Januari 2021 sebesar 67,2 persen. ***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top