Property

Soal Penertiban Bangli Milik BSI, DPRD Kota Tangerang-Satpol PP “Memble”

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo/Foto: A Rohman

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM– Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geram Banten Indonesia melayangkan surat somasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, terkait penertiban bangunan Bank Syariah Indonesia (BSI) di atas lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (Fasos dan Fasum) di JL Gatot Subroto, Kelurahan Sangiang Jaya, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang.

Ketua LSM Geram Banten Cabang Kota Tangerang, Slamet Widodo mengungkapkan terdapat bangunan berlantai tiga dan lahan parkir yang berdiri di atas saluran air (drainase) yang merupakan Fasos dan Fasum. “Anehnya setelah dipasang segel dan garis larangan melintas pada bangunan tersebut, Pemkot Tangerang tidak melakukan pembongkaran. Bahkan, segel dan garis larangan melintas itu hilang bagaikan ditelan bumi,” ungkap Slamet Widodo

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengutarakan  sebagaimana peraturan yang berlaku khususnya mengenai pembangunan gedung diatas sarana dan/atau sarana umum harus dikaji dan disesuaikan dengan RTRW Kota Tangerang. Bahwa hal utama lainnya setiap bangunan yang didirikan tidak boleh mengganggu fungsi sarana dan prasarana umum di bawah atau sekitarnya. Maka menurut saya pemerintah kota harus segera melaporkan hasil pemeriksaan terhadap pembangunan gedung tersebut, apakah layak atau tidak, membahayakan bagi lingkungan/masyarakat apa tidak bahkan apakah telah sesuai peruntukan IMB nya.

“Hasil tersebut untuk kemudian diputuskan dan ditetapkan apakah perlu pembongkaran terhadap bangunan tersebut atau tidak. Keputusan ini penting agar adanya kepastian hukum bagi semua pihak dan utamanya menjamin rasa keadilan bagi masyarakat. DPRD kota Tangerang juga akan melakukan pengawasan ke lapangan untuk memastikan hal tersebut melalui komisi satu”, tutur Gatot, Rabu (22/6/2022).

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Tangerang Wawan Fauzi menegaskan jajaranya telah menindak pemilik bangunan tersebut dan memberikan surat teguran keras agar bangunan yang menyalahi aturan segera dirobohkan. “Begini bang, kami telah menegur secara lisan dan setelah itu kami memberikan surat teguran keras agar Bangunan yang ditempati BSI Cabang Tangerang agar segera dibongkar pasalnya menyalahi Rencana Tata Ruang Wilayah (“RTRW”) ,” tegas Wawan. ***

Penulis      :      A Rohman

Editor        :      Budiana

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top