Nasional

Soal Calon Kaporli, Dipo: Komjen Pol Listyo Putra Terbaik

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi calon tunggal Kapolri. Langkah Presiden Joko Widodo yang mengajukan Kabareskrim ini ke DPR dianggap sebagai strategi yang tepat. “Dia punya sikap profesional dan tegas. Serta memiliki prestasi yang jelas. Karena itu, DPR segera menjadwalkan untuk fit and proper test,” kata anggota Komisi III DPR N M Dipo Nusantara Pua Upa kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Politisi PKB ini mengaku mendukung penuh calon kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo. Tentunya presiden sudah mempertimbangkan dari berbagai aspek. “Siapa pun pilihan Presiden, itulah yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Lebih jauh Dipo menyarankan agar Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo segera membangun komunikasi dengan berbagai lembaga dan ormas guna menciptakan keamanan dan ketertiban. “Dengan begitu, bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, sekaligus menganyomi,” paparnya.

Dipo melihat Komjen Listyo Sigit bukan hanya profesional, namun memenuhi syarat strategis sebagai Bhayangkara 1 (Kapolri, Red). “Saya kira dia putra terbaik, tentu menjadi harapan bisa memimpin institusi kepolisian,” ucapnya Legislator asal dari Dapil NTT 1.

Ditempat terpisah, Presiden Joko Widodo menyampaikan usulan nama calon tunggal Kapolri ke DPR pada Rabu (13/1/2021). Nama calon Kapolri pilihan Jokowi itu jatuh kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat Kepala Bareskrim Polri. “Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo MSi yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Ketua DPR Puan Maharani dalam konferensi pers di Gedung DPR.

Puan Maharani mengatakan, DPR telah menerima surat presiden (surpres) terkait nama calon Kapolri yang akan menggantikan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis pensiun pada 1 Februari 2021.

Surpres itu dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR pada Rabu siang ini. “Surpres terlah kami terima dari Bapak Presiden,” kata Puan. Puan mengatakan, DPR terhitung 20 hari DPR akan memproses nama calon Kapolri dalam bentuk persetujuan atas calon tunggal Kapolri tersebut. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top