Ragam

Sjarif Hasan : Sudah Saatnya  Pergantian Sekjen MPR

Sjarif Hasan : Sudah Saatnya  Pergantian Sekjen MPR
Wakil Ketua MPR RI Syarifudin Hasan/ Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM Wakil Ketua MPR RI Syarifudin Hasan membenarkan Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono, sudah saatnya untuk diganti karena telah mengalami masa perpanjangan selama 2 tahun. Sejatinya masa jabatan Ma’ruf Cahyono berakhir 3 Februari 2021 lalu. “Sekjen memang sudah seharusnya diganti, karena sudah waktunya sesuai dengan UU,” kata Syarif Hasan saat dicegat wartawan usai mengikuti rapat pimpinan MPR di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Sesuai UU ASN Pasal 117 jabatan eselon I paling lama 5 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan organisasi, kinerja dan kompetensi. “ASN itukan sudah terstruktur, kecuali politisi, nah itu lain prosedurnya. Namun proses pergantian itu ada semacam fit and proper testnya atau beauty contest,” ucap Politisi senior Partai Demokrat.

Saat disinggung kapan pergantian Sekjen MPR, Mantan Menkop UKM era SBY ini mengaku tidak mengetahui secara pasti. “Belum tahu-belum tahu, silahkan tanya Ketua MPR,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Maruf Cahyono dilantik menjadi Sekjen MPR di era ketua MPR Zulkifli Hasan menggantikan Eddie Siregar yang pensiun, pada 3 Februari 2016 lalu dan telah 2 tahun diperpanjang. Artinya Maruf telah menjabat Sekjen MPR selama 7 tahun.

Syarief Hasan menjelaskan sesuai mekanisme UU MD3 dan UU ASN, pergantian Sekjen lembaga dilakukan oleh Pansel. Nantinya Pansel akan mengusulkan tiga nama diusulkan ke Presiden. “Sesuai aturan yang berlaku, nanti nama-nama calon pengganti akan diusulkan ke Presiden, ” katanya.

Menyoal Sekjen MPR yang pernah diperiksa KPK, Syarief Hasan mengaku tak tahu menahu hal tersebut.***

Penulis : Budiana
Editor   : Budiana

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top