Nasional

Sidang IPU ke-141 Tekankan Optimalisasi Media Sosial

SERBIA, SUARAINVESTOR.COM- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengirimkan Delegasi ke Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-141 yang berlangsung di Serbia pada 13-17 Oktober 2019, dipimpin Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Politik dan Keamanan, Azis Syamsuddin.

Hadir dalam Sidang tersebut Nurul Arifin – F.PG, Willy Aditya – F-Nasdem, dan Jon Erizal – F.PAN. Hari pertama pada Sidang tersebut, Delegasi menghadiri pertemuan geopolitical group yaitu ASEAN +3 dan Asia Pacific Group (APG).

Dalam keterangan tertulis yang diterima, disebutkan salah satu isu yang dibahas pada kedua sidang geopolitical tersebut adalah pembahasan kandidat untuk masuk dalam beberapa jabatan yang lowong di IPU saat ini untuk Asia Pasifik Grup.

Presiden IPU, Gabriela Cuevas Baron hadir dalam pertemuan APGPada kesempatan tersebut, Gabriela menyampaikan bahwa Asia Pasifik merupakan kawasan yang paling dinamis dan pesat kemajuannya di dunia pada saat ini.

Gabriela meminta agar Parlemen yang hadir dapat mengimplementasikan kesepakatan maupun resolusi yang dihasilkan dari Sidang IPU yang disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing.

Karena IPU tidak akan mengubah dunia tanpa implementasi yang nyata dan dukungan dari parlemen yang menjadi anggotanya. Ms. Gabriela beberapa waktu lalu hadir pada Sidang The 3rd World Parliamentary Forum on Sustainable Development yang digagas Indonesia, di Bali.

Gabriela juga menyampaikan bahwa dalam rangka Hari jadi IPU yang ke-130, dilakukan upaya-upaya untuk membuat IPU lebih akuntable bagi anggotanya. Antara lain dengan mengoptimalkan media social, media elektronik maupun dengan format lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Azis Syamsuddin menyampaikan “Sidang IPU ini merupakan kali pertama dihadirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI yang baru saja dilantik pada 1 Oktober 2019 lalu, dan melanjutkan kontribusi Parlemen Indonesia di IPU”.

Azis Syamsuddin percaya bahwa Sidang IPU akan memberi pencerahan dan masukan yang baik dalam perbaikan kinerja parlemen kedepan.(ato)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top