Nasional

Sidang DKPP Putuskan Pemberhentian Wahyu Setiawan sebagai Anggota KPU RI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
menggelar Sidang pembacaan putusan perkara nomor 01-PKE-DKPP/I/2020 dengan Teradu Wahyu Setiawan, Anggota KPU RI di Ruang Sidang DKPP, Lantai 5, Jl. M.H. Thamrin, No. 14, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).

Dakam amar putusannya, DKPP memutuskan memberhentikan tetap Wahyu Setiawan dari jabatannya sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Keputusan diambil setelah DKPP menyatakan Wahyu terbukti melakukan pelanggaran etik terkait proses penetapan pergantian antar waktu (PAW) Anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). DKPP mengabulkan pengaduan para pengadu untuk seluruhnya.

Pembacaan amar putusan dibacakan secara bergantian oleh hakim anggota DKPP yakni Ida Budhiati dan Teguh Prasetyo, sebelum Plt Ketua DKPP Muhammad membacakan putusan di akhir sidang.

Wahyu merupakan tersangka kasus dugaan suap PAW Anggota DPR RI Fraksi PDIP 2019-2024. Wahyu terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Jakarta, Rabu (9/1/2020).

Ia ditangkap di Bandara Soekarno Hatta saat hendak terbang ke Bangka Belitung setelah terbukti menerima suap dari caleg PDIP Harun Masiku. Caleg PDIP itu saat ini menjadi buronan KPK karena melakukan penyupan kepada Wahyu untuk meloloskan dirinya sebagai anggota DPR.

Wahyu menyanggupinya meloloskan Harun dengan meminta ongkos sebesar Rp 900 juta.(**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top