Nasional

Sidak, DPR Apresiasi Bandara Soetta Sudah Jalankan Protap Covid-19

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketua Gugus Tugas Lawan Covid-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi semua pihak di Bandara Soetta, selain menjalankan protap covid-19 dan penumpang juga tidak membludak seperti diberitakan.

“Kalau kemarin viral ada penumpukan penumpang, tapi pada hari ini memang frekuensinya agak sepi dan penanganan Protap Covid-19 sudah dilakukan dengan benar. Sehingga, menjelang PSBB ini nanti selesai kami harap Protap Covid-19 tetap berjalan dengan baik,” demikian Sufmi Dasco, saat sidak di Bandara Soetta, Jakarta, Sabtu (23/5).

Turut hadir dalam sidak Satgas Lawan Covid-19 DPR RI tersebut yaitu anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan (FPDIP), Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar), anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman, anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto, anggota Komisi III DPR RI Bambang Haryadi (Gerindra), anggota Komisi VII DPR RI Charles Meikyansyah, Anggota Komisi XI DPR RI Fauzi H Amro (NasDem).

Peninjauan lapangan ke Bandara Soekarno-Hatta ke Terminal 2 dan 3 dalam rangka melihat langsung bagaimana prosedur dan Protap Covid-19 yang dilakukan baik untuk keberangkatan maupun pemulangan penumpang di Terminal 2 dan 3.

Menurut Sufmi Dasco, pemeriksaan dilakukan dengan ketat, baik dari sisi administrasi maupun sisi kesehatan. “Penumpang diatur berdiri, diatur duduk, diatur tes pengecekan kesehatan dan kemudian dikarantina apabila ada indikasi covid19 dan segala sesuatu yang sudah diatur dengan baik,” ujarnya.

Karena itu, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI mengapresiasi pada pengelola bandara atas semua yang bertugas di bandara baik dari Kepolisian, TNI, Kemenkes, imigrasi dan lain-lain atas kerjasama yang sangat solid dan kami berharap dapat terus ditingkatkan.

“Saya pikir, apa yang sudah ada perlu ditingkatkan saja dan juga tetap berjalan seperti yang ada sekarang. Saya pikir ini sudah bagus protap-nya. Ya pada maskapai penerbangan kami himbau agar ada protap-protap,” tambahnya.

DPR juga sudah berbincang-bincang dengan kru Garuda Indonesia dimana Garuda Indonesia sudah membuat protap tentang jumlah penumpang serta jarak antar penumpang, tempat duduk di dalam pesawat. Dan, diharapkan semua maskapai bisa membuat protap yang sama.

“Ya kita lihat ada yang efektif ada juga gak efektif tapi minimal dengan PSBB yang sudah dilakukan sudah ada yang kedua kali ada juga yang mau ketiga kalinya itu berakibat juga pengurangan pemaparan juga berkurang. Ya, data melonjak kadang-kadang juga karena datanya juga gak sama,” kata Sufmi lagi.

Yang penting kata Sufmi Dasco, sekarang bagaimana membuat tatanan hidup baru untuk membuat suasana normal yang baru dengan protokol-protokol Covid-19 yang ketat. Karena, semua ini harus berjalan karena kalau tudak akan membuat semua susah dan sulit.

Dengan protap yang sudah ada di Bandara Soekarno-Hatta sudah siap. Namun, perlu diantisipasi mungkin jumlah penumpang yang akan pergi maupun kembali membludak. Sehingga, perlu dikalkulasi lagi jumlah petugas maupun check point-check point yang disiapkan baik untuk kesehatan maupun untuk administrasinya.

“Ya, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh petugas seluruh masyarakat dan tetap degan pola hidup sehat, protokol pencegahan Covid-19 yang ketat, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top