Nasional

Setya Novanto Siap Diperiksa KPK

JAKARTA – Menyusul Ketua DPR Setya Novanto yang dicekal ke luar negeri terkait kasus korupsi e-KTP, Ketua Umum Golkar itu akan mematuhi proses hukum yang ada. Dirinya menghargai keputusan itu dan tentu apapun yang diputuskan pihaknya sangat memberikan dukungan atas proses hukum yang berlaku di Indonesia.

Demikian dikatakan Setya Novanto pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (11/4/2017). Novanto mengatakan siap dipanggil KPK kapan saja terkait kasus e-KTP. Meski proses pemanggilan dirinya sebagai dewan jika merujuk ke UU MD3 harus seizin Presiden Joko Widodo, Novanto akan tetap datang dipanggil tanpa proses itu.

“Saya siap kapan pun diundang atau dipanggil KPK karena ini proses hukum yang harus saya patuhi. Saya setiap saat selalu siap diundang. Jadi, saya selalu siap meski menurut MD3 proses undangan itu harus melalui proses izin presiden, tapi saya selalu datang tanpa proses yang ada. Saya sebagai warga negara harus mematuhi hukum dan saya harapkan ini bisa secara tuntas bisa selesai dengan sebaik baiknya,” ujarnya.

Status Novanto dalam kasus e-KTP terakhir sebagai saksi. Belum diketahui apakah ada perubahan status hukum Novanto terkait dengan pencegahan ini. Pimpinan dan Jubir KPK belum merespons ketika dikonfirmasi.

Namun jaksa KPK dalam surat dakwaannya untuk terdakwa Irman dan Sugiharto menyebutkan bahwa Novanto saksi yang ‘istimewa’. Novanto dianggap terlibat dalam penggiringan anggaran untuk proyek e-KTP senilai Rp 5,8 triliun di DPR. Novanto berkali-kali membantah dakwaan KPK ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top