Nasional

Setya Novanto: Pramuka Mengajarkan Sikap Patriotik

JAKARTA, Peringatan hari pramuka berarti menanmkan sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka; jiwa-jiwa muda dididik akhlak, watak, serta budi pekerti yang luhur, mengajarkan sikap patriotik, nasionalisme, dan bersahabat dengan alam.

“Dari gerakan Pramuka-lah tumbuh tunas bangsa yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggungjawab, serta mampu mengisi kemerdekaan dengan karya yang positif,” demikian keterangan Ketua DPR RI Setya Novanto pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (14/8/2017).

Diketahui, pada Senin (14/8/2017) ini, diperingati sebagai hari jadi Gerakan Pramuka yang ke-56. Sejak diperkenalkan pada 14 Agustus 1961, Praja Muda Karana (Pramuka) yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya, maka ini harus diterima oleh generasi milenial dan mampu memberi kontribusi bagi bangsa dan negara.

Gerakan kepanduan yang dipelopori kaum muda tersebut mempunyai andil dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Di masa kini, setidaknya ada dua tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia. Maraknya peredaran narkoba dan ancaman disintegrasi bangsa menjadi ancaman serius bagi kelangsungan masa depan bangsa. Karena itu, kegiatan kepramukaan sangat penting bagi anak-anak Indonesia,” katanya.

Pramuka dituntut mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan informasi dan teknologi kontemporer. Lewat media sosial, Pramuka juga harus mengampanyekan inspirasi positif bagi kaum muda, sehingga Pramuka bisa hadir dan diterima di tengah generasi milenial.

“Jadi, di hari jadi Pramuka yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terimakasih atas pengabdian yang tulus kepada seluruh pembina Pramuka dari tingkat gugus depan hingga kwartir nasional,” unkapnya.

Karena itu kata Novanto, DPR RI terus memberikan dukungan kepada gerakan Pramuka sebagai garda terdepan dalam membentuk karakter dan jati diri kaum muda.

Melalui fungsi anggaran, Pramuka mendapatkan total anggaran negara sebesar Rp 34 miliar. “Tak menutup kemungkinan, jika pada tahun mendatang anggaran tersebut bisa dinaikan, seiring banyaknya kegiatan positif yang dilakukan Pramuka,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top