Nasional

Setelah Sukarno, Figur Jokowi Masuk Museum Madame Tussauds

JAKARTA-Figur Lilin Presiden Joko Widodo telah dapat dijumpai di Museum Madame Tussauds Hongkong. Kepala Negara replika dirinya dari lilin itu dapat mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri khususnya wisatawan Filipina.

Yang menarik dari replika figur lilin Jokowi adalah layar belakang yang menjadi latarbelakang figur lilinnya. Untuk edisi perdana ini, layar latarbelakang figur dirinya berupa Candi Borubudur, salah satu destinasi wisata andalan Indonesia yang sempat menjadi salah satu keajaiban dunia.
“Nanti diganti lagi, saya minta setiap bulan diganti, bisa Labuan Bajo, Bali, Raja Ampat, Danau Toba, terus diganti backgroundnya. Ini saya kira bagus untuk (promosi) pariwisata kita,” kata Presiden Jokowi saat berkunjung ke Museum Madame Tussauds, Hongkong, Senin (1/5/2017).

Kehadiran figur lilin Jokowi merupakan Presiden Indonesia kedua yang dibuatkan figur lilin di museum tersebut setelah Presiden Sukarno. Figur lilin Jokowi tersebut dipajang tidak jauh dari figur lilin Presiden Sukarno. Presiden Jokowi pun sempat berfoto bersama figur lilin Presiden Sukarno.

Selain menjadi presiden kedua dari Indonesia yang diabadikan dalam museum tersebut, figur lilin Jokowi sekaligus akan menjadi satu-satunya kepala negara aktif di Asia Tenggara yang menghiasi museum tersebut.

Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menjelaskan pertimbangan dipilihnya ia dalam figur lilin di museum tersebut bukan atas usulan dirinya tetapi banyaknya permintaan para pengunjung dan tim survei dari museum tersebut.

Ketika ditanya kesannya atas figur lilin Jokowi terpajang di Madame Tussauds Hongkong, Presiden Jokowi mengatakan justru Ibu Iriana yang terkejut melihat kemiripan dari figur lilin tersebut. “99 persen mirip,” ujar Ibu Iriana.

Mengenai dipilihnya baju putih dengan lengan tergulung, termasuk sepatu yang dikenakan Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana menjelaskan bahwa properti yang digunakan berasal dari pihaknya. “Kebetulan kemarin ada dua batik yang dikirim sama baju putih, sepatu juga,” ucap Ibu Iriana.

Demikian pula halnya dengan sepatu dan celana yang dikenakan figur lilin itu. “Sepatu juga dari kita semua, jadi baju, sepatu, celana. Jangan dipikir dari mereka. Ini dari kita,” kata Presiden.(har/TKP)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top