Nasional

Senator Filep Wamafma Mengapresiasi Menkopolhukam Telah Terima Kehadiran Masyarakat Papua Barat

Senator Filep Wamafma Mengapresiasi Menkopolhukam Telah Terima Kehadiran Masyarakat Papua Barat
Senator Filep Wamafma Mengapresiasi Menkopolhukam Telah Terima Kehadiran Masyarakat Papua Barat/foto anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Anggota DPD RI dari Papua Barat, Dr. Filep Wamafma mengapresiasi MenkoPolhukam Mahfud MD yang menerima langsung perwakilan masyarakat Papua Barat untuk menyampaikan aspirasinya pada Rabu (2/3/2022).

Pada kesempatan itu, sejumlah masyarakat menyampaikan harapannya agar kepemimpinan di Papua Barat yang akan berakhir pada Mei 2022 mendatang tidak dipindahkan kepada Penjabat Sementara mengingat status otonomi khusus dan rencana pemekaran di wilayah Papua Barat.

“Kami apresiasi MenkoPolhukam yang sangat memahami dan mengerti tentang persoalan di Papua dan Papua Barat,” ujar Filep Wamafma usai menemui MenkoPolhukam bersama Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dan perwakilan tokoh-tokoh Adat, Agama, dan Paguyuban Papua Barat di Ruang Nakula Gedung KemenkoPolhukam, Jakarta, pada Rabu (2/3/2022) lalu.

Senator Papua Barat ini berharap pihak kementerian terkait terutama KemenkoPolhukam mengambil langkah-langkah konkret dalam rangka menjawab harapan yang disampaikan masyarakat Papua Barat tersebut.

“Termasuk memperpanjang masa jabatan Gubernur Papua Barat. Kita berharap agenda dapat direalisasikan, mengingat kondisi dan situasi politik di Tanah Papua. Orang yang memimpin sebaiknya adalah yang mendapat legitimasi kuat dari rakyat, apalagi situasi Papua Barat berbeda dengan provinsi lainnya,” kata Filep Wamafma.

Pada kesempatan itu, perwakilan DPD RI yang dipimpin Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono yang hadir memfasilitasi masyarakat Papua Barat bersama Menkopolhukam tersebut. Hal itu juga sejalan dengan hasil kunjungan kerja DPD RI ke Papua Barat pada 13-15 Februari 2022 lalu yang menerima aspirasi dari Dewan Adat, akademisi serta sejumlah elemen masyarakat dalam menyikapi habisnya masa jabatan Gubernur Papua Barat pada bulan Mei 2022.

Terkait hal tersebut, Menkopolhukam Mahfud MD menyebut akan mempelajari dan menindaklanjuti masukan serta aspirasi rakyat Papua Barat tersebut. Menurutnya, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut kepada Presiden yang akan dibawa pada sidang Kabinet.

Sementara itu, Filep Wamafma menyampaikan apresiasi kepada Wakil Ketua DPD RI Dr. Nono Sampono, anggota Komite I DPD RI, Ketua DPD RI dan seluruh jajaran DPD yang selalu peduli dan mengadvokasi masalah-masalah Papua, termasuk aspirasi masyarakat Papua Barat terkait perpanjangan jabatan Gubernur tersebut.

Penulis: Arpas

Editor: Budiono

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top