Nasional

Selama Tahun 2017 DKPP Terima 275 Pengaduan

JAKARTA- Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono mengungkapkan selama tahun 2017, lembaganya telah menerima sebanyak 275 pengaduan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 118 perkara telah diputuskan.

“Sebagian besar pengaduan berasal dari wilayah Papua dan Aceh,” kata Harjono pada acara penyampaian Laporan Kinerja DKPP Tahun 2017 di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Harjono mengatakan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya itu, DKPP bertugas berada di hilir yaitu menangani perkara pelanggaran etik penyelenggara pemilu berdasarkan hasil laporan dari masyarakat.

Namun, ke depan DKPP akan melakukan penanganan masalah pelanggaran penyelenggara pemilu sejak di hulu yaitu berupaya mencegah pelanggaran oleh penyelenggera pemilu melalui sosialisasi. Upaya pencegahan itu saat ini telah dimulai DKPP bersama lembaga terkait baik KPU, Bawaslu dan pihak terkait lainnya.

“Kalau kita ikut serta menyosialisasikan dalam proses Pemilu, maka semoga saja pemahaman etika ini akan meningkat dan mengurangi pelanggaran kode etik. Dengan berkurangnya pelanggaran etika, kita sudah turut serta melaksanakan Pemilu yang lebih baik,” jelas mantan anggota Mahkamah Konstitusi itu.

Namun, Harjono mengatakan sosialisasi ini bisa menjadi pedang bermata dua. Pertama, dengan sosialisasi ini penyelenggara Pemilu menjadi paham mengenai kode etik. Pada saat bersamaan, dengan sosialisasi masyarakat menjadi tahu cara mengadukan ke DKPP.

Harjono menjelaskan pentingnya norma etika. Karena menurutnya, dari sebuah norma akan muncul menjadi sebuah nilai. Nilai-nilai itu dibingkai dalam asas Pemilu yaitu jujur dan adil. Bila asas-asas tersebut tidak dilindungi dan dijaga secara sungguh-sungguh, maka nilai-nilai tersebut tidak ada artinya.

“Persoalan etika ini harus meng-internalized dari penyelenggara Pemilu, karena nilai Pemilu sering kali ditentukan oleh penyelenggaranya,” jelasnya.

Acara yang diselenggarakan DKPP tiap akhir tahun ini dihadiri Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Arief Hidayat, Mendagri Tjahjo Kumolo, KPU RI Arief Budiman dan jajarannya, Ketua Bawaslu Abhan dan jajarannya, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Kepala Biro Administrasi DKPP Bernad D Sutrisno dan pejabat struktural serta staf di Biro Administrasi DKPP dan dan pihak terkait lainnya.(nto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top