Market

Segera Melantai di Bursa, AEGS Bidik Dana Segar Rp40 Miliar

Segera Melantai di Bursa, AEGS Bidik Dana Segar Rp40 Miliar
Petugas membersihkan dinding kaca yang memantulkan layar monitor yang menayangkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia/Sumber Foto: Kompas.id

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMPT.Anugerah Spareparts Sejahtera Tbk segera menggelar Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) guna meraup dana segar sekitar Rp40 Miliar. Adapun harga penawaran umum senilai Rp100 per lembar saham, emiten berkode AEGS menawarkan sebanyak 400 juta lembar saham, atau setara 39,76 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Sementara periode penawaran umum berlangsung pada 4 September sampai 7 September 2023 dan akan mencatatkan saham di BEI pada 11 September 2023 mendatang. “Dimana penggunaan dana hasil IPO, sebesar Rp10,31 miliar setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk pembelian lahan beserta bangunan pabrik, kantor dan gudang yang berada di atasnya,” kata Direktur Utama AEGS Oey Johan Sinatra Sumawi di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Lalu, lanjut Johan, sebesar 3,16 persen dari dana hasil IPO akan digunakan untuk pembangunan gudang baru di atas lahan yang dibeli tersebut. Kemudian, sebesar 9,16 persen akan dimanfaatkan sebagai dana belanja modal atau capital expenditure (capex) pabrik penunjang operasional, serta untuk modal kerja, modal operasional dan/atau digunakan untuk pembelian persediaan perseroan.

Johan melanjutkan, saat ini perseroan telah memiliki titik distribusi eksisting yang ditangani oleh 1.100 distributor dan /atau reseller, yang juga menjangkau sebagian besar negara di Asia Tenggara. “Kami menyadari para pelanggan mulai beralih dari pembelian offline store ke online store, dimana online store banyak menawarkan berbagai fasilitas, misalnya gratis ongkir. Melalui jalur distribusi ini, kami dapat menjangkau pangsa pasar online store, sehingga perseroan tidak kehilangan pelanggan yang mulai beralih ke online store,” ujar Johan.

Secara historikal, lanjutnya, distributor perseroan bisa menjual 500- 1.000 unit produk per hari, sehingga strategi pemasaran tersebut membuat brand perseroan semakin dikenal lebih luas.“Melalui e-commerce, kami dapat melebarkan titik distribusi hingga Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Thailand. Jalan perseroan untuk dapat mencapai visinya menjadi market leader di Asia Tenggara semakin terbuka,” ujar Johan.

Bersamaan dengan IPO, perseroan akan menerbitkan 100 juta Waran Seri I yang diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru perseroan.  Adapun, setiap pemegang empat saham baru berhak memperoleh satu waran, sedangkan setiap satu waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru seharga Rp90 per lembar, yang mana total dana dari penerbitan waran seri I maksimal Rp9 miliar.***

Penulis  : Chandra
Editor    : Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top