Headline

Sediakan Rp2 Miliar, Mandiri Bantu Stimulus Untuk UMKM

Bank Mandiri/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Bank Mandiri menggelar kompetisi Wirausaha Muda Mandiri tahun 2020. Kegiatan yang ke-13 ini diadakan pada masa pandemi Covid-19 dan berlangsung secara virtual.
Kompetisi dengan total hadiah mendekati Rp2 miliar bagi wirausaha muda untuk melahirkan inovasi bisnis mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN). “Kami ingin memotivasi generasi muda untuk bangkit di masa pandemi,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rully Setiawan di Jakarta, Rabu, (12/8/2020).

Tak hanya sebagai bentuk stimulan, kata Rully, bank BUMN itu juga akan memberikan pembinaan dan mengajak mereka dalam pameran UKM, hingga promosi di media untuk pemasaran. “Wirausaha muda itu juga akan menjadi basis bagi Bank Mandiri untuk mendekatkan mereka dengan akses pembiayaan serta akses pasar mengingat nasabah bank ini juga dari jaringan korporasi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Corporate Sosial Responsibility (CSR) Bank Mandiri Diwangkoro Ratam menjelaskan ada lima kategori kompetisi yakni boga, sosial, kreatif, teknologi (digital dan non-digital), serta industri perdagangan dan jasa.

Ada dua jenis lomba yang dihadirkan yakni business plan ditujukan bagi generasi muda yang memiliki ide bisnis yang dapat dilakukan pada masa pandemi dan membantu pemerintah dalam penyediaan lapangan kerja baru. “Mereka sudah harus punya konsep, ide, prototipe bisnis atau teknologi yang dapat diterapkan dalam waktu dekat,” katanya.

Kemudian jenis kedua yakni business existing atau bagi pelaku UMKM yang sudah memiliki usaha minimal satu tahun operasional dengan omzet minimal Rp100 juta setahun. Tahapan pendaftaran dilakukan mulai 12 Agustus hingga 26 September dan penjurian akan dilakukan secara virtual yang dibagi dalam zona Indonesia Barat, Tengah dan Timur, 21-24 Oktober 2020.

Kemudian penjurian nasional dilakukan 26-28 Oktober 2020 dengan total hadiah baik untuk zona hingga level nasional hampir Rp2 miliar kepada 84 orang yang akan diserahkan pada puncak HUT Bank Mandiri pada 30 Oktober 2020. Adapun para juri nasional itu yakni Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar, Co-Founder Narasi Najwa Shihab dan Co-Founder dan CEO Investree Adrian Gunadi. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top