Industri & Perdagangan

Sebuah Maskapai Asal AS Akan Pangkas 2.850 Pilot

Ilustrasi maskapai United Airlines.(SHUTTERSTOCK)/Kompas.com

CHICAGO, SUARAINVESTOR.COM – Maskapai asal Amerika Serikat, United Airlines, berencana memangkas 2.850 pilot, atau setara dengan 21 persen total pilot yang dimiliki. Pemangkasan tersebut menjadi yang terbesar sepanjang sejarah United Airlines.

Mengutip Kompas.com yang dilansir dari
Reuters, Jumat (28/8/2020), keputusan tersebut diambil seiring dengan selesainya bantuan dari pemerintah AS pada September mendatang.

Dalam memo yang dibagikan kepada karyawan, pemutusan hubungan kerja ( PHK) yang direncanakan United akan berlangsung antara 1 Oktober-30 November 2020.

Sebanyak 1.747 pilot akan dipangkas pada 1 Oktober, diikuti oleh 572 lainnya pada akhir bulan, lalu sebanyak 531 pilot pada 30 November nanti.

Menghadapi potensi pelemahan bisnis penerbangan yang akan terjadi pada masa mendatang, United Airlines telah melakukan berbagai opsi lain guna mencegah terjadinya PHK, seperti misalnya penawaran pensiun dini.

Pemangkasan yang dilakukan oleh United Airlines juga menjadi yang terbesar dibanding maskapai AS lain.

Beberapa waktu lalu Delta Air Lines mengumumkan pemangkasan 1.900 pilot. Sementara American Airlines memutuskan untuk memangkas 1.600 pilot.

Sebelumnya, pada Juli lalu United telah memperingatkan bahwa sepertiga dari hampir 12.000 pilot terpaksa dikurangi, akibat penurunan tajam pada permintaan perjalanan udara karena Covid-19. ***

Sumber: Kompas.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top