Jawa Timur

Sebanyak 3.178 Warga Jatim Mendapat Pasang Gratis PLN

Sebanyak 3.178 Warga Jatim Mendapat Pasang Gratis PLN
ilustasi aliran listrik PLN/Foto: Anjasmara

SURABAYA, SUARAINVESTOR.COM-Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari PT.PLN terus dipacu untuk rasio elektrifikasi di Jatim yang saat ini mencapai 99,2 persen. Karena itu, sebanyak 3.178 keluarga prasejahtera mendapat pemasangan gratis listrik dari PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur. “Semoga dengan bantuan pasang baru listrik ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat, serta semoga PLN dapat terus menghadirkan terang ke seluruh penjuru negeri,” kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran di Surabaya, Jumat (19/8/2022).

Menurut Lasiran, Program BPBL diberikan secara bertahap di Jatim, dan pada Agustus 2022 diberikan kepada sebanyak 3.178 keluarga prasejahtera yang tersebar di Bojonegoro, Jember, Madiun, Malang dan Ponorogo.

Salah satu penerima bantuan, Sopi’i (40), warga kelurahan Pesanggrahan Kecamatan Batu, Kota Batu, Jatim, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian ESDM dan PLN yang telah memberikan bantuan sambungan listrik gratis.

Pria yang yang sehari-hari bekerja sebagai petugas kebersihan pemerintah Kota Batu ini, mendapatkan bantuan karena sebelumnya harus berbagi meteran listrik dengan rumah orang tuanya, sebab keterbatasan biaya penyambungan baru. “Kini setelah mendapat bantuan program Bantuan Pasang Baru Listrik dari Kementerian ESDM, saya resmi jadi pelanggan listrik PLN,” katanya.

Sementara itu, BPBL diperuntukkan rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara.

Kegiatan itu berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu, dan menyasar sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur, total tercatat sebanyak 15.552 rumah tangga tidak mampu yang akan diberikan bantuan secara bertahap. ***

Penulis   : Desy (Kontributor Surabaya)
Editor     : Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top