Ragam

Sambut HAN 2023, Bang HT: Anak, Tonggak Kemajuan Sebuah Bangsa

Sambut HAN 2023, Bang HT: Anak, Tonggak Kemajuan Sebuah Bangsa
Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Achmad Hafisz Tohir/Foto: Dok Pribadi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Achmad Hafisz Tohir mengatakan bahwa anak-anak adalah tonggak utama bagi kemajuan sebuah bangsa dan negara, karena itu perlu didorong agar anak-anak bisa tumbuh berkualitas. “Pertumbuhan mental anak yang baik, tentu dapat mewujudkan bangsa dan negara Indonesia yang cerdas dan berkualitas,” katanya saat menyambut Hari Anak Nasional (HAN) di Jakarta, Minggu (23/7/2023).

Menurut Bang HT-sapaan akrabnya, jika uang bisa membeli kebahagiaan, maka semua orang akan minta kembali ke masa kecilnya. “Masa kanak- kanak sangat berharga bagi setiap anak,” ucapnya.

Namun Politisi PAN itu mengingatkan kembali mengenai hak pendidikan bagi anak yang harus diberikan secara merata untuk seluruh anak Indonesia. Sebab menurut data UNICEF, sekitar 4,1 juta anak-anak di Indonesia yang berusia 7-18 tahun tidak mendapat pendidikan atau bersekolah pada tahun 2021.

Angka tersebut masih jauh dari target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs) yang menargetkan tidak ada anak yang tidak bersekolah pada tahun 2030.

Karena itulah, Hafisz, mendesak pemerintah meningkatkan program pendidikan dan memperluas pendidikan gratis, khususnya bagi anak dari keluarga tidak mampu. “Semua anak Indonesia harus bisa bersekolah. Tidak boleh ada yang tidak sekolah karena hambatan biaya. Sangat penting bahwa semua anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan pendidikan,” pungkasnya.***

Penulis : Iwan Damiri
Editor  : Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top