Industri & Perdagangan

Saat Hidup Damai Dengan Covid-19, IMM Minta Selamatkan UMKM dan Koperasi

Ketua Umum IMM Najih Prasetyo/Tribunnews.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Pemerintah mewacanakan soal hidup damai dan berdampingan dengan Covid-19. Namun langkah itu harus jelas dan tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat. “Pemerintah pusat dan daerah harus segera memastikan Covid 19 berakhir dari Indonesia,” kata Ketua Umum DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Najih Prasetyo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/5/2020).

Lebih jauh Najih meminta agar langkah-langkah pemerintah harus terkoordinasi dan terukur. Tentu dengan beragam cara, baik penemuan obat atau upaya membuat virus tidak aktif jika terpapar manusia. “Tidak seperti sekarang ini, masyarakat dibuat pusing atas ketidakpastian,” tambahnya.

Menurut Najin, Pemerintah dan segenap kementerian dan lembaga terkait, harus banyak belajar kepada negara yang sukses dalam menghadang Covid-19. Sebagaimana klaim Wuhan yang 0% bebas dari covid 19. “Kiranya pemerintah membuat kebijakan yang memberikan stimulus untuk menyelamatkan UKM dan Koperasi yang ada di Indonesia,” terangnya.

Yang jelas, lanjut Putra Kelahiran Lamongan Jawa Timur menjelaskan bahwa hidup damai dalam prespektif Islam itu bisa meminjam hukum Sunnatullah. Hukum Sunatullah ini sejatinya netral, manusialah yang memberi bobot positif dan negatif. Misal, api itu netral, menjadi positif jika digunakan untuk memasak, namun menjadi negatif jika digunakan untuk membakar hutan. Prinsip hukum disana menekankan keseimbangan (Al-Mizan),” ungkapnya.

Mantan Ketua umum DPD IMM Jawa Timur periode 2014-2016 ini menambahkan saat manusia mampu memberi keseimbangan dalam segala aspek kehidupan, tentu hidup damai akan terwujud. “Begitu juga ‘hidup damai’ dengan covid 19 berarti kita menerapkan prinsip-prinsip hidup sehat, menjaga kebersihan, bagian menjaga keseimbangan antara manusia dan virus,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top