Infrastruktur

Rute Sukabumi-Banyuwangi, Kapal Perintis Selatan Jawa Siap Beroperasi

kompas.com

CILACAP-Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan kapal perintis yang menyusuri perairan selatan Pulau Jawa dari Sukabumi di Jawa Barat hingga Banyuwangi di Jawa Timur. “Kalau yang laut, mungkin angkutan perintis bisa kita lakukan mulai tahun depan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu.

Budi menyamput baik keinginan 11 bupati yang memiliki wilayah di pesisir pantai selatan Jawa untuk menghidupkan jalur laut guna memperlancar arus barang.

Dia mengatakan distribusi logistik di selatan Pulau Jawa terkendala akses karena tidak ada pelabuhan besar, kendati ada Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap yang besar namun masih sebatas untuk angkutan minyak dan batubara. “Yang namanya logistik itu harus menggunakan kapal. Kalau menggunakan darat atau kereta api itu gak lazim,” katanya menegaskan.

Jika ada angkutan laut, maka produk-produk dari Jawa bagian selatan bisa langsung dikirim ke luar daerah sehingga tidak perlu lagi diangkut dulu ke Jawa bagian utara dengan angkutan darat, katanya.

Dia mengatakan pemerintah akan membangun pelabuhan untuk menjadi pelabuhan pengumpul di selatan Jawa. “Kita mau membuat koneksitas antarkabupaten di selatan Pulau Jawa,” katanya menegaskan.

Dia berharap para bupati berkoordinasi untuk menentukan barang-barang yang akan dikirimkan ke daerah lain jika jalur laut perintis selatan Jawa itu beroperasi nantinya.

Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto mengatakan 11 bupati di Jawa bagian selatan akan segera bertemu dengan Menhub untuk membicarakan jalur laut itu.

Dia optimistis Cilacap akan menjadi pusat industri nasional karena memiliki pelabuhan alam terbesar di Jawa bagian selatan jika pemerintah pusat membantu membuka jalur angkutan barang di selatan Jawa.

Selain jalur laut, Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah juga akan membangun tol untuk memperlancar akses di selatan Jawa. Jalur tol akan dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan. Pada 2018, mulai Tasikmalaya, Cilacap, Purwokerto hingga Yogyakarta akan mulai di bangun tol.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top