Industri & Perdagangan

Ribuan Industri Ikan Olahan Sidoarjo Perlu Akses Perbankan

SIDOARJO—Banyaknya industri ikan olahan yang berada di Kabupaten Sidoarjo perlu mendapat pendampingan dan pembinaan. Setidak home industri itu perlu akses perbankan guna meningkatkan kualitas produksi ikan olahan. “Salah satunya adalah pembuatan nugget makanan siomay dari bahan dasar udang yang saat ini banyak digemari oleh warga masyarakat baik dari Sidoarjo maupun dari luar Kabupaten Sidoarjo,” kata Kepala Bidang Usaha Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo Septiwati Nugraheni di Sidoarjo, Jumat (19/8/2016).

Menurut Septiwati, pendampingan dilakukan terus menerus untuk membantu mengolah hasil produksi olahan ikan daerah ini. “Hasil ikan yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini cukup bagus salah satu yang menjadi andalannya adalah ikan bandeng dan udang yang kualitasnya memang cukup bagus,” tambahnya

Berdasarkan data ada sekitar 18 Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, tujuh di antaranya merupakan kawasan pesisir yang berpotensi untuk menghasilkan ikan dan produk hasil olahannya. Pendampingan kelompok budi daya perikanan ini untuk meningkatkan hasil produk olahan berbahan dasar ikan yang menjadi andalan daerah ini.

Selain itu, produk lainnya yang berbahan dasar udang salah satunya adalah terasi dan juga kerupuk yang saat ini memang menjadi salah satu produk andalan khas Sidoarjo.
“Kami terus melakukan pendampingan kepada kelompok pembudidaya perikanan yang ada di Sidoarjo untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan bisa diterima oleh masyarakat,” katanya.

Saat ini di Sidoarjo sendiri terdapat sekitar seribu lebih pengolah produk ikan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. “Selain itu, kami juga memiliki sentra budi daya ikan lele yang menjadi salah satu andalan Kabupaten Sidoarjo untuk dikembangkan lebih baik lagi yang berada di Kecamatan Tarik,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top