Nasional

Ray Rangkuti: Pilkada oleh DPRD Kembalikan Oligarki Partai

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti menilai kalau ada upaya mengembalikan pilkada langsung kembali ke DPRD, itu sama saja mengembalikan oligarki partai politik. Padahal, dengan pilkada langsung saja, oligarki – nepotisme politik belum bisa dihapuskan.

“Kalau pilkada dievaluasi, kenapa pilpres dan pileg tidak? Pilkada langsung ini justru memperkuat posisi rakyat untuk berdaulat, berdemokrasi untuk memilih pemimpinnya,” tegas Ray Rangkuti di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (22/11/2019).

Kalau alasannya biaya tinggi lanjut Ray, dan banyak kepala daerah kena kasus hukum termasuk operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK, itu bukan terletak pada pilkadanya, melainkan perilaku kepala daerah dan pengawasan yang lemah.

“Pilkada langsung ini wujud partisipasi rakyat, dan bukan sebaliknya diwakili oleh orang lain. Bahkan di era digital saat ini, rakyat bisa memilih dari kamar tidurnya lewat Hp. Kalau dikembalikan ke DPRD ya mundur. Makanya, parpol jangan membebani calon kepala daerah,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top