Nasional

Raker dengan Kapolri Soal Makar Ditunda Senin

JAKARTA, Komisi III DPR RI menjadwalkan kembali rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, pada Senin (5/12/2016) mendatang. RDP Komisi III DPR RI dengan Kapolri seharusnya berlangsung pada Senin (28/11/2016), untuk membahas berbagai perkembangan politik dan hokum terkini, khususnya yang ditangani Polri.

Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (28/11/2016). Penundaan pertemuan tersebut didasari beberapa hal. Di antaranya karena Tito harus mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah.

Selain itu, Kapolri pada hari ini juga melakukan pertemuan dengan beberapa elemen yang akan melakukan unjuk rasa di MUI. Rencana unjuk rasa tersebut masih terkait dengan proses hukum terhadap calon Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dituduh menistakan agama.

“Sudah ada kesepakatan bahwa pihak kepolisian akan mengeluarkan izin dan memfasilitasi para peserta aksi damai unjuk rasa bela Islam III dan shalat Jumat berjamaah pada 2 Desember, namun dilakukan di lapangan Monas dan sekitarnya. Tidak di jalan-jalan protokol,” ujar politisi Golkar itu.

Namun, Bambang menyayangkan pertemuan Komisi III dan Kapolri yang tertunda tersebut, mengingat ada beberapa hal krusial yang ingin didalami dalam pertemuan itu.
Salah satunya, soal pernyataan Tito yang menyebutkan adanya upaya makar dengan menunggangi aksi 2 Desember 2016. “Terutama karena pernyataan itu agak sensitif dalam konteks perpolitikan nasional dan berpotensi mengganggu perekonomian,” pungkas Bambang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top