Nasional

Rabu, PAN akan Putuskan Dukungan Pilgub DKI

JAKARTA – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan partai pendukung Agus-Sylvi sudah bertemu dengan Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait putaran dua Pilgub DKI. Karena itu putusan dukungan di putaran II itu akan disampaikan pada Rabu (8/3/2017) setelah ada kesepakatan.

“Kita memang sudah ada pertemuan beberapa waktu lalu dengan Pak SBY yang seharusnya akan difinalisasi pada Senin. Karena itu saya kira 1-2 hari ini sudah akan ada keputusan. Hanya saja keputusan akhirnya belum tentu akan sama untuk mendukung paslon yang mana?” tegas Ketua MPR RI itu pada wartawan di Gedung MPR RI Jakarta, Senin (6/3/2017).

PAN masih menunggu keputusan Demokrat. Seperti diketahui, PAN bersama Demokrat, PKB, dan PPP sebelumnya mendukung Agus-Sylvi Dukungan empat partai tersebut dinantikan oleh dua pasangan yang sudah ditetapkan menjadi peserta Pilgub DKI putaran dua. Mereka adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Arus bawah PAN sendiri sudah ada yang bersuara di DKI. Dimana beberapa DPC PAN Jakarta sudah ada yang menyatakan secara terbuka mendukung Anies-Sandi. Menurut Zulkifli, aspirasi grass root tersebut akan didengar. “Ya kalau PAN itu, Jaktim, Jakpus, Jakbar itu sudah deklarasi untuk mendukung Anies-Sandi, kalau wilayah (DPW PAN DKI) belum karena gubernur kan (otoritas) wilayah, nanti kita dengar dan saya kira pada Rabu (8/3/2017),” katanya.

Menurut Zulkifli, aspirasi memang perlu diperhatikan, karena perlu memperjuangkan aspirasi yang diwakilinya, makanya aspirasi itu didengar dan nanti diputuskan. “Tunggu saja dua hari ke depan akan ada putusan,” pungkasnya.

Sebelumnya SBY memimpin rapat pleno untuk membahas hasil Pilkada 2017 serentak. Pleno ini sekaligus akan membahas sikap PD di Pilkada DKI putaran dua. “Hari Senin ini Demokrat internal melakukan rapat pengurus dengan Pak SBY dan lengkap untuk membicarakan kinerja partai secara umum dan tentu evaluasi 101 Pilkada serentak 2017 yang selesai kecuali Jakarta lanjut. Rapat internal, biasa kami langsung membahas 2018 juga yang segera berjalan,” kata Sekretaris Jenderal PD, Hinca Panjaitan.

Untuk komunikasi politik antarpartai, Hinca menyebut sudah ada lobi-lobi yang dilakukan oleh masing-masing Sekjen partai pendukung Agus-Sylvi. Namun, komunikasi yang dibangun hanya sebatas membicarakan soal kebangsaan, bukan hanya Jakarta saja. “Menurut kami, masih banyak yang lebih luas dari situ, yang lebih besar dari situ. Ya paling ledek-ledekan sesama Sekjen, kan biasa jadi komunikasi politik terus berjalan,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top