Perbankan

Rabobank Bidik Sektor Agribisnis di Malang

MALANG-Rabobank mengakui Propinsi Jawa Timur merupakan penghasil produk pertanian dan perikanan. Tidak hanya itu sektor peternakan juga dinilai memiliki peluang bisnis yang sangat baik.
“Ya, Jawa Timur adalah penghasil padi, jagung, ayam potong, sapi potong dan budidaya hasil laut terbesar di Indonesia,” kata Director Business Banking Rabobank Indonesia, Jopie Jusuf kemari.

Berdasarkan data, kata Jopie, Provinsi Jawa Timur memiliki potensi besar pads sektor pangan dan agribisnis, termasuk Malang dan sekitarnya. “Dukungan permodalan dinilai sangat dibutuhkan di kedua sektor tersebut,” tambahnya.

Lebih jauh Jopie menambahkan Jawa Timur juga menghasilkan 41,3 persen ikan budidaya hasil laut di Indonesia, 32 persen jagung,17,4 persen padi,12,4 persen ayam potong dan 7,9 persen sapi potong. “Kabupaten Malang merupakan produsen sapi potong terbesar di Indonesia,” terangnya.

Yang jelas, lanjutnya, melihat pada kontribusinya terhadap PDRB (Pendapatan Domestik Regional Buto), sektor pangan dan agribisnis di Jawa Timur menjadi yang terbesar kedua setelah perdagangan. 

Yakni, sektor pangan dan agribisnis sebesar 23 persen, sedangkan perdagangan sebesar 25,1 persen. Ranking PDRB berdasarkan provinsi, lanjut Jopie, Jawa Timur terbesar kedua setelah DKI Jakarta.  “Ini peluang bisnis yang baik, kami dapat membiayai seluruh rantai pasok pangan dan agribisnis mulai dari ladang hingga menjadi hidangan atau from farm to fork,” imbuhnya.***

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top