Nasional

Puan: Ombudsman Harus Berdampak Positif bagi Pelayanan Publik

JAKARTA, SUARAINVEATOR.COM – – Ketua DPR berharapkehadiran Ombusdman RI seharusnya berdampak pada perbaikan pelayanan publik. Itu sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban Ombusdman sesuai dengan tugas dan kewajibannya sebagaimana diatur dalam UU.

“Saya minta para instansi penyelenggaran pelayanan publik menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Ombusdman RI agar pelayanan publik menjadi lebih baik sehingga keberadaan Ombusdman manfaatnya dirasakan masyarakat,” tegas Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Hal itu disampaikan Puan saat menerima 7 orang perwakilan Ombudsman RI yang dipimpin ketua Ombusdman RI Amzulian Rifai dan Laode Ida. Sedangkan Puan didampingu Wakil Ketua DPR Azis Syamsuson dan Rachmat Gobel, Ketua Komisi II DPR RI Arif Wibowo dan anggota Komisi II DPR RI Johan Budi.
Kedatangan Ombusdman RI ke DPR dalam rangka menyerahkan laporan kinerja tahunannya  kepada DPR sesuai perintah UU No 37/2008. 
Lebih lanjut Puan mengatakan, Ombudsman didirikan untuk mengawasi penyelenggaraan Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Negara dan Pemerintah baik Pusat maupun derah termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara serta badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu. 
Karena itu, mestinya kehadiran Ombusdman RI berdampak pada perbaikan pelayanan publik, sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban Ombusdman sesuai dengan tugas dan kewajibannya sebagaimana diatur dalam UU. 

“Untuk itu saya minta para instansi penyelenggaran pelayanan publik menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan Ombusdman RI, agar pelayanan publik menjadi lebih baik sehingga keberadaan Ombusdman dirasakan manfaatnya?” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top