Nasional

Puan Maharani Minta Pemerintah Tak Buru-Buru Pulangkan Eks ISIS

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah tidak buru-buru memulangkan 660-an eks WNI ISIS dari Timur Tengah, sebelum ada kepastian apakah mereka masih mengaku WNI dan akan menerima NKRI.

“Pemerintah mesti cermat menyikapi rencana pemulangan eks WNI ISIS lintas batas. Karena itu, pemerintah harus memastikan apakah mereka itu masih mengakui kewarganegaraan dan NKRI?” tegas Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2020)

Ketua DPP PDIP itu menyarankan agar pemerintah melakukan berbagai langkah antisipatif sebelum memulangkan eks ISIS tersebut. “Kalau mereka tidak mengakui sebagai WNI, maka pemerintah harus lebih cermat dan antisipatif,” katanya singkat.

Sebelumnya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga meminta pemerintah melakukan pertimbangan yang matang dan cermat. Bamsoet mendukung apapun keputusan pemerintah, termasuk menerima kepulangan para eks kombatan ISIS itu, selama pemerintah telah siap dengan program khusus derakalisasi dan penanaman kembali nilai-nilai kebangsaan serta NKRI.

“Meski tidak terlalu khawatir dan keberatan jika pemerintah benar-benar telah siap dengan segala resikoknya menerima para WNI eks kombatan ISIS untuk kembali, namun saya mengajak pemerintah untuk lebih memahami suasana kebatinan masyarakat saat ini,” jelas Ketua DPP Golkar itu.

Sebab kata Bamsoet, kondisi tanah air ini setelah adanya ketidaknyamanan sepanjang pilpres 2019 lalu, kini masyarakat lebih mendambakan terjaganya stabilitas keamanan dan ketertiban umum. “Mewujudkan kondisi hal ini saja masih tidak mudah, karena di sana sini masih saja ada perilaku intoleran dan diskriminatif,” ujarnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top