Industri & Perdagangan

PSMTI Dorong Warga Keturunan Tionghoa Jadi Politisi, Darmadi: Selama Ini Lebih Banyak Berbisnis

PSMTI Dorong Warga Keturunan Tionghoa Jadi Politisi, Darmadi: Selama Ini Lebih Banyak Berbisnis
Anggota Komisi VI DPR, Darmadi Durianto/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Anggota DPR RI dari dapil DKI Jakarta III meliputi Jakarta Utara, Barat dan Kepulauan Seribu, Darmadi Durianto menyoroti pernyataan Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta yang mendorong agar warga keturunan Tionghoa untuk aktif dalam berbagai bidang termasuk bidang politik.

Darmadi menekankan, ajakan ketua PSMTI tersebut mesti dikonkretkan dalam aksi nyata. “Jangan hanya slogan belaka. Partisipasi aktif warga keturunan Tionghoa dalam ranah eksekutif maupun legislatif harus dibarengi dengan keseriusan yang didukung banyak variabel. Salah satu variabel penting yakni soliditas internal terlebih dahulu,” ucap Darmadi yang kini duduk sebagai anggota komisi VI DPR RI itu kepada wartawan, Kamis (07/07/2022).

Selain itu, Darmadi juga menyarankan agar PSMTI menyiapkan langkah-langkah sejak awal dan mendukung dengan komitmen penuh agar bisa terlaksana. “PSMTI jangan hanya jadi organisasi kumpulan pengusaha-pengusaha saja tapi menyiapkan secara baik dari awal, karena tidak mudah bagi orang Tionghoa untuk masuk ke eksekutif maupun legislatif,” tegas Politikus PDIP itu.

Darmadi mengungkapkan, saat ini para anggota legislatif yang berhasil menembus DPR misalnya lebih banyak karena usaha masing-masing serta peran dari partai pendukungnya. “Dan tidak banyak support moril apalagi dukungan yang memadai dari PSMTI,” jelas Bendahara Megawati Institute itu.

Yang jelas, kata dia, organisasi Tionghoa selama ini lebih banyak didominasi kepentingan bisnis ketimbang kepentingan lain.”Untuk itu harus dibuat gerak menciptakan sinergi misalnya antara legisatif dengan PSMTI supaya bisa menambah tenàga agar warga Tionghoa bisa memberikan sumbangsih buat kemajuan bangsa dan berjuang untuk kesejahteraan rakyat,” tutup legislator berdarah Tionghoa kelahiran Kalimantan Barat itu.

Sebelumnya, Wilianto Tanta pasca dilantik sebagai Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dalam pidato sambutannya menyatakan bahwa PSMTI mendorong agar putra putri keturunan Tionghoa untuk terlibat aktif dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia melalui ranah eksekutif, yudikatif maupun legislatif. “PSMTI mempersiapkan putra putri terbaik dari suku Tionghoa untuk ikut arus besar Indonesia dengan cara berperan aktif. Seperti memasukan kader terbaik untuk jadi TNI Polri. Masuk DPR, yudikatif, legislatif,” ujar Wilianto saat pelantikan kepengurusan PSMTI masa bakti 2022-2026 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (6/7/2022) kemarin.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top