Headline

Proyek Tol Di Jatim Ditargetkan Selesai 2018

SIDOARJO-Proyek infrastruktur jalan tol mulai Ngawi hingga Surabaya ini terdiri dari tiga bagian, yakni jalan tol Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya. Pembangunan jalan tol ini sekitar 164 kilometer juga ditargetkan selesai 2018. “Kami masih menyelesaikan tahap akhir pembangunan jalan tol trans jawa wilayah Jawa Tengah yang harus sudah bisa beroperasi pada tahun ini. Jika sudah selesai, maka akan langsung ke wilayah Jatim,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (9/1/2017).

Basuki menargetkan keseluruhan pembangunan Jalan bebas hambatan Trans Jawa selesai pada 2018. . “Kemudian yang non tol Trans Jawa juga kita percepat. Seperti Banyuwangi hingga Pasuruan itu juga dipercepat, tetap dipercepat. Pembebasan lahannya sudah beres ini tinggal proses konstruksinya dan pengerjaan pasti akan lebih cepat,” paparnya

Untuk pembangunan jalan tol Trans Jawa bagian Jawa Tengah yakni dari Bawen hingga Salatiga akan selesai pada Maret 2017.

Menyinggung pembebasan lahan proyek Tol Batang-Semarang Seksi I dan II selesai pembayaran sisa ganti rugi lahan proyek Tol Batang-Semarang Seksi I dan II. Sisa lahan yang dibayarkan ganti ruginya sebesar Rp 90 miliar dengan luas 9 hektar. Adapun desa yang dilunasi pembayaran ganti ruginya adalah Desa Ponowareng dan Desa Kandeman. “Hari ini Rp 90 miliar di seksi I dan II Batang ya,” tuturnya.

Dengan demikian pembebasan tanah untuk seksi I Batang-Batang Timur dan seksi II Batang Timur-Weleri tuntas 100%. Desa Ponowareng seluas 96.284 meter persegi dibayarkan sebesar Rp 36 miliar. Sedangkan, sisanya sebesar Rp 54 miliar dibayar untuk ganti rugi lahan Desa Kandeman.

Tol sepanjang 75 km ini dibangun oleh PT Jasa Marga Semarang-Batang, perusahaan patungan antara PT Jasa Marga Tbk dan PT Waskita Toll Road. Jalan tol ini bakal mendapat penjaminan pembiayaan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pengelolaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Seperti diketahui, Jalan Tol Batang-Semarang sendiri secara total memiliki panjang 75 kilometer (km) yang terbagi dalam 5 seksi, yakni:

Seksi I Batang-Batang Timur sepanjang 3,20 km,
Seksi II Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 km,
Seksi III Weleri-Kendal sepanjang 11,05 km,
Seksi IV Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 km,
Seksi V Kaliwungu-Krapyak sepanjang 10,9 km.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top