Nasional

Presiden Minta Netizen Tentukan Wilayah Ibu Kota Baru

JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawaskan kepada masyarakat luas atau netizen tentang sebaiknya dimana wilayah ibu kota pemerintahan yang akan dipindah dari Jakarta, ke luar Jawa? Tawaran itu diposting di akun Instagramnya @Jokowi, Selasa (30/4/2019).

“Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?” tanya Jokowi.

Jokowi menyebutkan, DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus, yakni sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis. Jokowi mempertanyakan kemampuan kota ini di masa depan untuk memikul beban tersebut.

Dikatakan, banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negaranya masing-masing dengan memindahkan ibu kota. Seperti Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan.

Selain itu, Jokowi menceritakan bahwa wacana pemindahan ibu kota sudah ada sejak Presiden Soekarno menjadi Kepala Negara. Bahkan, setiap kepemimpinan yang baru selalu dibahas namun tidak pernah diputuskan dan direncanakan dengan matang.

“Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar,” tulis Jokowi.

Karena itu, Jokowi mengakui jika dirinya orang pertama yang memutuskan mengenai ibu kota Indonesia yang harus dipindahkan ke luar pulau Jawa. Hanya saja, mengenai lokasi pastinya masih belum diputuskan. “Soal tempat, wilayah mana, itu belum diputuskan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top