Nasional

Presiden Jokowi Berharap Renovasi Istiqlal Selesai Sebelum Ramadhan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap proses renovasi Masjid Istiqlal dapat selesai sebelum ramadhan. Hal itu ia katakan seusai meninjau proses renovasi masjid yang dimulai sejak 2019 lalu.

“Renovasi total Masjid Istiqlal sudah dimulai tahun lalu. Kita harapkan nanti sebelum ramadhan sudah bisa selesai sehingga bisa dipakai,” tegas Jokowi, Jumat (7/2/2020).

Jokowi mengatakan, renovasi masjid terbesar di Asia Tenggara ini menghabiskan biaya yang cukup besar, yakni sekitar Rp 475 miliar. Renovasi ini juga yang pertama kalinya sejak 41 tahun lalu.

“Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu. Karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup besar. Rp 475 miliar yang dipakai untuk memperbaiki, memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, semuanya,” jelas Jokowi.

Menambah basement yang di depan, parkirnya basement-nya ditambah sehingga nanti parkir tidak masuk ke sini. “Ini batas suci di sini. Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eskterior semuanya dibangun,” tambah Jokowi.

Presiden Joko Widodo tiba di Istiqlal sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowi mengenakan kemeja putih serta kopiah hitam. Ia didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Rombongan Presiden terlebih dahulu meninjau lokasi mihrab Istiqlal. Di sana, Jokowi mendapat penjelasan mengenai renovasi mihrab dan tempat salat utama.

Setelah mendapat penjelasan mengenai renovasi mihrab dan selasar, Jokowi dan rombongan bergegas meninjau bagian selasar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top