Headline

PP Ikut Lelang Tol Probolinggo-Banyuwangi

JAKARTA-Dua proyek tol trans Jawa terutama wilayah Jawa Timur menjadi bidikan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Adapun dua proyek tol itu, antara lain Tol Probolinggo-Banyuwangi dan Jalan Tol Gempol-Mojokerto. Namun bukan saja di Jatim, satu lagi Tol Semarang-Demak juga menjadi incaran. “Kita lagi proses bidding (lelang) di Tol Probolinggo-Banyuwangi, Semarang-Demak dan Gempol-Mojokerto. Tender nya sudah masuk PQ (pre qualification),” kata Direktur Keuangan PTPP, Agus Purbianto di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Menurutnya, saat ini tiga jalan tol tersebut telah masuk dalam tahap pra kualifikasi dan kini masih terus diproses dalam pelelangan. Adapun nilai investasi untuk ketiga ruas jalan tol yang diincar mencapai lebih dari Rp 7 triliun, dengan persentase saham sebagian besar bersifat minoritas. Perusahaan sendiri memang lebih memilih ruas tol di Pulau Jawa dibandingkan dengan Sumatera.

Namun begitu Agus mengakui perusahaan perlu berhati-hati karena bisnis jalan tol tidak memberikan keuntungan secara instan atau dalam waktu cepat. Hingga saat ini, PTPP ikut dalam 6 konsesi pengelolan jalan tol yang total panjangnya mencapai 408,3 kilometer (km). Kepemilikan hak pengelolaan paling rendah berada di ruas tol Depok-Antasari sebesar 12,5% dengan panjang 21,5 km.

Agus mengaku, perusahaan akan terus mengembangkan bisnis jalan tol untuk menambah pendapatan berkelanjutan (recurring income) setiap bulannya. Namun, manajemen juga tidak akan asal dalam memilih ruas tol yang akan diambilnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top