Industri & Perdagangan

Polemik Permenperin 03/2021, Hafisz: Pansus Gula Bisa Ungkap Posisi Neraca Gula Nasional

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Polemik Permenperin 03/2021 terus menggelinding, bahkan kalangan DPR mengusulkan pembentukan Pansus Gula untuk membongkar posisi stock dan cadangan gula nasional.
“Maka melalui PANSUS tentu kita akan bisa mengurai permasalahan yang ada dari hulu sampai hilir terkait gula dan lain-lain yang selama ini selalu menjadi masalah atau belum bisa dituntaskan,” kata Ketua Komisi VI DPR RI Periode 2014-2019, Achmad Hafisz Tohir kepada wartawan, Senin (10/05/2021).

Lebih jauh Anggota Komisi XI DPR ini mendorong agar pemangku kebijakan segera mengambil langkah lebih lanjut menyikapi terbitnya Permenperin Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Jaminan Ketersediaan Bahan Baku Gula dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Gula Nasional. “DPR sebagai lembaga yang dilengkapi kewenangan Konstitusi bisa menempuh mekanisme yang tertuang dalam UU MD 3,” ujarnya lagi.

Menurut Wakil Ketua BKSAP DPR, langkah nyata dari pemegang regulasi sangat dibutuhkan utamanya oleh rakyat yang terdampak regulasi tersebut. “Membuat Neraca Gula, ini penting sebagai langkah membenahi persoalan yang terjadi dari hulu sampai hilir di sektor gula ini. Jangan sampai kita seolah-olah membiarkan industri gula tanah air babak belur tak berdaya terhadap gula impor,” terangnya.

Legislator dari Dapil Sumsel I menegaskan
sebagai wakil rakyat tidak boleh membiarkan rakyat bertarung sendirian tanpa perisai melawan pemain skala global yang memiliki berbagai jaringan termasuk kekuatan untuk mempengaruhi suatu kebijakan,” pungkasnya. ***

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top